ISNA NUR TASYA FAUZIANA, 126306203136 (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 1 TANGGUNGGUNUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Isna Nur Tasya Fauziana, 2024. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Broken Home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung”. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Citra Ayu Kumala Sari, M.Psi Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam berinterakasi. Perceraian orang tua mengakibatkan anak merasa bahwa dirinya merasa diasingkan dan merasa hidup sendiri. Sebuah dukungan merupakan hal yang dibutuhkan oleh anak dari keluarga broken home. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat dukungan sosial pada siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung 2) mengetahui tingkat kemandirian belajar pada siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung 3) mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan tingkat kemandirian belajar siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jenis penelitian survei dengan populasi siswa broken home seluruh kelas IX yang berjumlah 34 siswa. Pada proses pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan sampling jenuh (sensus) dengan menjadikan seluruh populasi yaitu 34 siswa sebagai sampel. Data menggunakan dua skala likert yaitu dukungan sosial dan kemandirian belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrumen, uji asumsi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat dukungan sosial terdapat 5 anak kategori tinggi, 23 anak kategori sedang, dan 6 anak kategori rendah. 2) Tingkat kemandirian belajar terdapat 4 anak berkategori tinggi, 28 anak kategori sedang, dan 4 anak kategori rendah. 3) Hasil uji hipotesis dengan analisis korelasi pearson product moment yaitu 0,310 dengan nilai signifikansi 0,074>0,05 artinya tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial dan tingkat kemandirian belajar. Banyaknya dukungan sosial yang diperoleh siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung tergolong dalam tingkat rendah. Tingkat kemandirian belajar yang diperoleh siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung tergolong rendah. Maka dengan asumsi bahwa dukungan sosial tidak ada hubungannya dengan kemandirian belajat siswa broken home di SMP Negeri 1 Tanggunggunung. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Kemandirian Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306203136 ISNA NUR TASYA FAUZIANA |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 05:26 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 05:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |