IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI FATHURRAHMAH

SYAMSUL MA`ARIF, 12205173326 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI FATHURRAHMAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Seni Rupa dalam Membentuk Kreativitas Peserta Didik Kelas IV di MI Fathurrahmah,” yang ditulis oleh Syamsul Ma’arif telah dipertahankan di Dewan Penguji Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Uswatun hasanah, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Seni Rupa, Kreativitas Peserta Didik Konteks penelitian pada penelitian ini adalah pembelajaran seni rupa bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas siswa serta kemampuannya menjadi seniman. Membuat karya seni adalah sebuah permainan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa seni dapat berfungsi sebagai instrumen pengajaran. Siswa mampu mengeksplorasi kreativitasnya melalui kegiatan pembelajaran seni rupa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas IV di MI Fathurrahmah. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas IV di MI Fathurrahmah. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas V di MI Fathurrahmah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ini melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah model trianggulasi, penambahan waktu penelitian dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini antara lain : 1) Perencanaan pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas siswa antara lain : a) Penerapan kurikulum merdeka Belajar sekaligus penyusunan materi mulai dari silabus, RPP, b) menentukan strategi belajar yaitu projek berbasis masalah sekaligus pengimplementasian projek profil pelajar pancasila. c) penggunaan metode diskusi sebagai pengamalan gotong royong dalam kurikulum merdeka. d) Menentuka media ajar sebagai sarana tambahan belajar yaitu : Buku guru dan buku siswa seni rupa kelas IV serta sumber referensi lain alat dan bahan seperti alat tulis, kertas warna-warni, lem, gunting, spidol atau pena. e) Asesmen penilaian yang berasal dari Kemenag yang telah di modifikasi oleh guru. 2) Pelaksanaan pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas siswa terbagi dalam dua langkah yaitu, : a) Pertemuan pertama : Guru bersama siswa kelas IV melakukan pendalaman materi pembelajaran seni rupa dengan menggunakan strategi berbasis masalah dengan metode pendekatan sistem kelompok. b) Pertemuan kedua : Sebelum membuat hasta karya guru memperlihat video mengenai langkah-langkah dalam membuat bendera hias selanjutnya setiap kelompok membuat hasta karya yaitu membuat bendera hias dan masing perwakilan kelompok akan menyampaikan di depan kelas mengenai laangkah-langkah yang di buat oleh kelompoknya. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas siswa meliputi : a) Siswa memiliki kebiasan bertanya dan menjawab pertanyaan guru melalui diskusi kelompok. b) Siswa bersama kelompoknya mampu mengamati dan mampu melaksanakan tugas dari guru. 3) Siswa Bersama Kelompok Mampu Membuat Hasta Karya Sebagai Projek dari Kurikulum Merdeka Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173326 SYAMSUL MA`ARIF
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:20
Last Modified: 03 Mar 2025 05:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56132

Actions (login required)

View Item View Item