PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

IKA FAJAR KALINDA, 2814133080 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Al Huda Bandung Tulungagung” yang ditulis oleh Ika Fajar Kalinda ini dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Hasil Belajar. Fenomena yang terjadi saat ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa yang ditandai dengan siswa takut bertanya dan mengemukan ide. Selain itu metode ceramah yang digunakan guru membuat siswa bosan dan cenderung ramai sehingga malas mengerjakan soal, mereka hanya menunggu jawaban dari siswa lain yang mengerjakan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan lembar kegiatan siswa (LKS). TPS adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dalam TPS terdapat tiga tahap yaitu thinking, pairing, dan sharing yang memungkinkan guru memberi tugas kepada siswa bersama pasanganya untuk didiskusikan dalam bentuk LKS. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui besar pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, data observasi dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan uji t diperoleh t hitung = 2,950 dan t tabel = 2,000 pada taraf signifikasi 5%. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,94 dan rata-rata kelas kontrol 76,65. (2) Besar pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung sebesar 76% berdasarkan kriteria Cohen’s tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133080 IKA FAJAR KALINDA
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:33
Last Modified: 01 Aug 2017 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item