Kreativitas Siswa Dalam Memahami Bangun Datar Kelas VII MTs Al – Ghozali Panjerejo

Ma’rifah, Nurul (2014) Kreativitas Siswa Dalam Memahami Bangun Datar Kelas VII MTs Al – Ghozali Panjerejo. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
12. abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas, Pemahaman, Bangun Datar Dalam pelajaran matematika banyak siswa yang mengalamikegagalandalammenyelesaikansoal.Kegagalannyaantaralainadalahsiswa yang salahmengartikan soal yang diberikan guru. Alasan yang mendasari kegagalan tersebut adalah pemahaman siswa terhadap soal yang diujikan itu kurang. Tingkat pemahamansatu orang siswadengansiswa yang lainberbedasesuaidengankualitasresponsiswadalammenghadapisuatutugas.Rumusan masalah dalam penelitianiniadalahbagaimanakefasihansiswadalammemahamibangundatar di kelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo, bagaimanafreksibilitassiswadalammemahamibangundatar di kelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo, bagaimanakebaruansiswadalammemahamibangundatar di kelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo.Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikefasihansiswadalammemahamibangundatarkelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo, untukmengetahuifreksibilitassiswadalammemahamibangundatarkelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo, untukmengetahuikebaruansiswadalammemahamibangundatarkelas VII MTs Al – GhozaliPanjerejo. Untukmengukursuatukomponenkreativitasitumelaluibermacam–macamteori, salahsatunyayaitupendapat dari Silver.Silvermerumuskankomponen kreativitasmenjadi 3 komponen. Kefasihan, freksibilitas dan kebaruan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan cenderung menggunakan analisis secara induktif. Kehadiran peneliti adalah sebagai pengamat penuh. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, tes, dan wawancara. Tehnikanalisisdatanyaadalahreduksi data, penyajian data danverifikasi. Silvermengelompokkan komponen kreativitas padatiga komponenyaitu: yaitu kefasihan, freksibilitas dan kebaruan. Kefasihan yaitu siswa mampu menyelesaikan soal dengan jawaban yang benar dan lancar. Freksibilitas yaitu siswa mampu menyelesaikan soal dengan lebih dari satu alternatif jawaban yang berbeda dan benar. Kebaruan yaitu siswa mampu menyelesaikan soal dengan cara yang tidak biasa digunakan (baru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada fase kefasihan, kebanyakan siswa sudah mampu memahami materi bangun datar dan sebagian kecil siswa masih perlu penjelasan lagi, sehingga dapat dikatakan bahwa siswa sudah fasih dalam mengerjakan soal pada materi bangun datar. Siswa pada fase freksibilitas dikatakan sedang, karena banyak siswa yang mampu mengerjakan soal dengan lebih dari satu alternatif cara yang berbeda dan benar dan hanya sebagaian kecil siswa yang belum bisa mengerjakan dengan lebih dari satu alternatif cara yang berbeda dan benar. Pada fase kebaruan cukup, karena hanya sebagian siswa yang mampu mengerjakan soal dengan jawaban yang baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Dec 2014 04:12
Last Modified: 17 Dec 2014 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item