PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XII DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ABDUL ROHMAN, 2811133004 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XII DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Abdul Rohman (2811133004) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Hasil Belajar Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan komponen yang penting, dimana ia sebagai pelaku, pelaksana dan ujung tombak proses pendidikan dalam hal pendidikan dan pengajaran.Kualitas proses pembelajaran membutuhkan pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan kompetensi guru, ini merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya.Dalam hal ini, peneliti menganalisa Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Karena, kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dirasa sangat berperan penting dalam mempengaruhi secara langsung hasil belajar siswa di SMAN 1 Campurdarat. . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1Campurdarat Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai hasil belajar siswa, metode angket digunakan untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI, sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi, yaitu “Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain”.Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan hanya mengambil beberapa kelompok dalam populasi. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 56 siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Campurdarat pada tanggal 25-26januari 2017.Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir.Analisis awal berupa uji linieritas.Sedangkan analisis akhir menggunakan analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa thitung (5% = 0,066) <ttabel (2,00) dan pada taraf Sign 0,947 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menerima Ho, yang artinya tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Selanjutnya, thitung (5% = 0,021) <ttabel (2,00) dan pada taraf Sign 0,841 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menerima Ho, yang artinya tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Yang terakhir, Fhitung0,022 <Ftabel (5% = 3,17 dan 1% = 5,01) dan taraf Sign 0,978 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menerima Ho yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174004 ABDUL ROHMAN
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:47
Last Modified: 01 Aug 2017 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item