PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN

ARINA MANASIKANA, 126209201014 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (492kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan social (IPS) membuat siswa kurang mampu dalam berpikir kritis, hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan analitis siswa sehingga siswa cenderung menerima begitu saja informasi yang mereka dapatkan dan kesulitan memecahkan masalah. Oleh sebab itu, peneliti beranggapan bahwa dengan pembelajaran aktif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengaruh dari model pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa? (2) bagaimana pengaruh dari model pembelajaran aktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa? (3) bagaimana hubungan antara keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan pra-eksperimental design, dengan memilih one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs Miftaahul Uluum Sutojayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIB MTs Miftaahul Uluum Sutojayan yang ditunjukkan dari nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, (2) Adanya pengaruh model pembelajaran aktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIIIB MTs Miftaahul Uluum Sutojayan yang ditunjukkan dari nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, (3) Adanya hubungan antara keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar yang ditunjukkan dari pretest keterampilan berpikir kritis dan pretest hasil belajar kognitif didapat nilai hubungan sebesar 0,265 dengan kategori lemah dan nilai Sig sebesar 0,143 lebih besar dari nilai 0,05 yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan. Dan pada posttest keterampilan berpikir kritis dan posttest hasil belajar kognitif didapat nilai hubungan sebesar 0,792 dengan kategori kuat dan nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan pada uji N-gain keterampilan berpikir kritis dan N-gain hasil belajar kognitif mempunyai nilai 0,745 dengan kategori kuat dengan nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201014 ARINA MANASIKANA
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:19
Last Modified: 11 Mar 2025 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56257

Actions (login required)

View Item View Item