PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV B SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TAHUN AJARAN 2016/2017

PINGKEN AGATTA PUTRY, 2817133141 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV B SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Pingken Agatta Putry, NIM. 2817133141. Dibimbing Oleh. Dr.Susanto, M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Mind Mapping, Prestasi Belajar, Bahasa Inggris Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada dalam pengajaran bahasa Inggris di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakuakan, ada beberapa masalah yang terjadi pada pembelajaran di kelas IV B. Diantaranya adalah dalam proses kegiatan pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga Prestasi Belajar Peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Kooperatif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi “Part of School” peserta didik kelas IV B di SDI Miftahul Huda Plosokandang ? (2) Bagaimana Penerapan model Kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas IV B pada materi “ Part of School” di SDI Miftahul Huda Plosokandang ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung yang berjumlah 20 anak, terdiri atas 11 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Inggris Peserta didik Kelas IV B SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Inggris, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 59,57 dengan prosentase ketuntasan 30%, dilanjutkan Siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 74,65dengan prosentase ketuntasan 50% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 87,8dengan prosentase ketuntasan 90%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133141 PINGKEN AGATTA PUTRY
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:07
Last Modified: 02 Aug 2017 01:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item