WIDYA YEKTINING DHARMAS TUTIK, 3217113103 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI PLUS WATES KROYO BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (957kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MI Plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung” ini ditulis oleh Widya Yektining Dharmas Tutik, NIM. 3217113103, Dosen Pembimbing Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Listening Team, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan dengan menerapkan model koopertaif tipe Listening Team. Dengan diterapkan model kooperatif tipe Listening Team diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak tercela peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Tercela melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak tercela peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team pokok bahasan akhlak tercela peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung yang terdiri atas 10 perempuan dan 5 laki-laki. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguaaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung sebagai berikut: (1) Peneliti menyampaikan materi, (2) Peneliti mengajukan permaslahan yang terkai dengan materi, (3) Setelah waktu diasa selesai, peneliti meminta peserta didik bergabung dengan kelompok untuk menyelesaikan tugas dengan kelompoknya, (4) Setelah waktu dirasa selesai, peneliti meminta peserta didik mempresentasikan didepan kelas, (5) Setelah waktu diskusi selesai peneliti melengkapi dan meluruskan hasil presentasi peserta didik, (6) Peneliti memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami, (7) Peserta didik bersama peneliti menarik kesimpulan dari pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 63.33 dengan prosentase ketuntasan 33,33%, dilanjutkan dengan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 68,33 dengan prosentase ketuntasan 46,67% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 81,00 dengan prosentase ketuntasan 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas V MI plus Wates Kroyo Besuki Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 3217113103 WIDYA YEKTINING DHARMAS TUTIK |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 04:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5634 |
Actions (login required)
View Item |