STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

NADIA LAILATUL FITRIA, 126201201019 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 2 Tulungagung”, yang ditulis oleh Nadia Lailatul Fitria, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing ibu Dr. Hj.St. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci : Strategi, Menumbuhkan, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh peserta didik. Di MTsN 2 Tulungagung sebagai pendidikan menegah pertama Islam memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits kepada peserta didiknya Dalam upaya memenuhi tanggung jawab tersebut, guru di MTsN 2 Tulungagungperlu menerapkan strategi-strategi yang efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana Guru Menerapkan Bentuk Latihan-Latihan yang Mengacu Pola Pikir Siswa ? (2) Bagaimana Guru Memberikan Dukungan dan Kesempatan kepada Siswa untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis ? (3) Bagaimana Guru Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif dalam Proses Pembelajaran?. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti menjadi intrumen utama. Lokasi pada penelitian berada di MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik nalitis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triagulasi. Selanjutnya, tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Hasil penelitian yaitu (1) Menerapkan Bentuk Latihan-Latihan yang Mengacu Pola Pikir Siswa meliputi kegiatan literasi, pembelajaran berpusat pada siswa (SCL), Soal HOTS (2) Memberikan Dukungan dan Kesempatan kepada Siswa untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis meliputi memberikan tema-tema yang kontroversial, rasa ingin tahu (bertanya), menalar, dan mengkomunikasikan (3) Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif dalam Proses Pembelajaran meliputi diskusi kelas, menciptakan pembelajaran demokratis, pembelajaran TGT, dan pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201019 NADIA LAILATUL FITRIA
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:25
Last Modified: 20 Mar 2025 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56435

Actions (login required)

View Item View Item