PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NEGERI SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR

RENI YUNITA SARI, 2817133150 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NEGERI SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pesera Didik Kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Reni Yunita Sari, NIM. 2817133150, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kerjasama, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di MI Negeri, Sumberjati, Kademangan, Blitar, yang kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik masih sangat rendah sebab guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi didalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malikat Allah Swt. melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. melalui penerapan model kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskrisikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malikat Allah Swt. melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. melalui penerapan model kooperatif tipe make a match peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar. Penetilitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus.Setiap siklus terditi dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Negeri Sumberjati Kademangan Blitar dengan jumlah peserta didik 11 laki-laki dan 10 perempuan.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama peserta didik pada siklus I prosentase nilai rata-rata adalah 42,66%, prosentase kegiatan peserta didik dalam kerjasama pembelajaran siklus I berakhir dengan tingkat keberhasilan kurang,siklus II presentase nilai rata-ratanya adalah 80,66% hal ini menunjukkan bahwa dalam kategori Baik. Keaktifan peserta didik pada siklus presentase nilai rata-rata adalah 80,66%. Hasil presentase ini menunjukkan bahwa kemampuan keaktifan peserta didik adalah baik.siklus II presentase nilai rata-rata adalah 82,66%. Hasil presentase ini menunjukkan bahwa kemampuan keaktifan peserta didik termasuk dalam kategori Sangat Baik. Hasil belajar peserta didik dari pre test yaitu nilai rata-rata hasil belajar adalah 36,66 yang berada pada tinggat sangat kurang, sedangkan pada siklus I adalah 59,52 yang berada pada tingkat kurang, sedangkan pada test akhir siklus II adalah 79,04 yang berda pada tingkat baik. Dari data tersebut terlihat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. peserta didik kelas III MI Negeeri Sumberjati Kademangan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 2817133150 RENI YUNITA SARI
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:44
Last Modified: 07 Aug 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5653

Actions (login required)

View Item View Item