PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

KHOIRUN NISA, 2817133080 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta didik Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017” ini ditulis oleh Khoirun Nisa, NIM: 2817133080, di bimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih. Salah satu indikator rendahnya hasil belajar peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung khususnya pada mata pelajaran fiqih adalah kurang aktif dan kurang terlibatnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menerapkan paradigma lama, yaitu menggunakan metode atau model pembelajaran konvensional seperti ceramah, tanya jawab, maupun penugasan, sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih khususnya di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung terkesan rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, model kooperatif tipe Make a match sangatlah tepat diterapkan, karena model ini dapat mendorong kerjasama peserta didik, dan melibatkan peran peserta didik secara aktif, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a match pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan zakat peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017?, dan 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Fiqih pokok bahasan zakat dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a match peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat peserta didik kelas IV-A MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat peserta didik kelas IV-A MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data adalah metode tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas IV-A MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017 dengan langkah-langkah yaitu 1) Kegiatan awal yang meliputi antara lain: Guru memulai dengan mengucapkan salam, menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi peserta didik, serta melakukan apersepsi terhadap materi yang akan disampaikan. 2) Kegiatan Inti meliputi antara lain: Guru membagikan materi, menjelaskan secara singkat tentang materi zakat, kemudian guru memberi umpan balik terhadap tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi, setelah itu guru membagi kelompok menjadi dua kelompok besar, dimana kelompok satu berisi kartu pertanyaan, dan kelompok lainnya berisi kartu jawaban. Peserta didik mencari pasangan dengan durasi waktu yang telah ditentukan, setelah itu peserta didik ditugaskan untuk menempelkan hasil kerja di papan tulis. Kemudian guru bersama kelompok lain mengevaluasi hasil mencari pasangan yang secara bergantian membacakan hasil dari mencari kartu pasangannya. 3) Kegiatan Penutup meliputi antara lain: Guru (peneliti) membimbing peserta didik membuat kesimpulan, sekaligus refleksi pembelajaran yang telah dilakukan dan selanjutnya menutup kegiatan dengan mengucapkan salam. Sedangkan hasil belajar fiqih dengan menerapkan model kooperatif tipe Make a match pada peserta didik kelas IV-A MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik yang semula 47.39 (31.8%) pada saat pre test, meningkat menjadi 73.64 (59%) pada post test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84 (90%) pada post test siklus II. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: skripsi 2817133080 Khoirun Nisa
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:31
Last Modified: 07 Aug 2017 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item