PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MI AL-MAARIF 01 MARGOMULYO KAB. BLITAR

NISWATU SURURIN, 126205202147 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MI AL-MAARIF 01 MARGOMULYO KAB. BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar mata pelajaran IPAS MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Blitar” ini ditulis oleh Niswatu Sururin, NIM. 126205202147 dengan pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata kunci: ATI, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pendidik perlu memperhatikan hal-hal yang memengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah tingkat motivasi belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensioal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. ATI (Aptitude Treatment Interaction) adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan perlakuan-perlakuan berbeda untuk diterapkan pada siswa berdasarkan tingkat kemampuan masing-masing individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPAS MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasy eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari kelas IV-A berjumlah 20 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV-B berjumlah 19 siswa sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis sendiri menggunakan Uji Independent Sample T-Test, Uji Paired Sample T-Test dan Uji MANOVA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh antara model pembelajaran ATI terhadap motivasi belajar siswa MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Blitar. Berdasarkan pada uji Independent Sample T-Test yang telah dilakukan menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar <0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa <0,001<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran ATI terhadap hasil belajar IPAS peserta didik MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Paired Sample t-Test kurang dari 0,05 yakni <0,001<0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran ATI terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS peserta didik MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji MANOVA kurang dari 0,05 yakni <0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran ATI terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS peserta didik MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202147 NISWATU SURURIN
Date Deposited: 23 Apr 2025 06:39
Last Modified: 23 Apr 2025 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56743

Actions (login required)

View Item View Item