AMELIA NURFITRIANI, 126205202164 (2024) PERANAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peranan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Amelia Nurfitriani, NIM 126205202164, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum merdeka dimana terdapat kegiatan yang dinamakan P5RA, peserta didik bukan hanya membentuk karakter dalam kegitannya tetapi peserta didik juga bisa menumbuhkan kreativitasnya. Perubahan proses pembelajaran dari online menjadi offline yang berpengaruh pada karakter peserta didik yang kurang baik atau bahkan tidak sesuai seperti yang diharapkan guru di sekolah. Oleh karena itu dengan adanya perubahan kurikulum dan adanya kegiatan P5RA bisa berpengaruh terhadap pembentukan kembali karakter peserta didik yang mulai berubah meskipun juga terdapat beberapa kendala tetapi juga masih bisa dihadapi oleh guru-guru di madrasah tersebut. Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana peranan lingkungan sekolah dalam mengimplementasikan P5RA dalam pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Tulungagung?, 2) Bagaimana peranan lingkungan keluarga dalam mendukung Implementasi P5RA dalam pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Tulungagung?, 3) Apa hambatan utama yang dihadapi oleh guru dalam mengintegrasikan pembelajaran P5RA dalam pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh terdapat dua jenis, yang pertama bersumber dari manusia (diperoleh melalui kepala madrasah, waka kurikulum, guru wali kelas, dan orang tua peserta didik), dan kedua dari non manusia (berisi catatan dan foto hasil observasi). Metode pengumpulan datanyamelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian disusun (dirangkum, dipilih hal-hal pokoknya), penyajian data (mendeskripsikan data dengan singkat yang berbentuk teks naratif), dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Peran lingkungan sekolah dalam mendukung kegiatan P5RA pada pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Tulungagung yaitu memberikan dukungan terhadap peserta didik dalam mengembangkan karakter, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, mengikutsertakan peserta didik pada lomba-lomba maupun kegiatan yang mengarah pada kegiatan P5RA. 2) Peran lingkungan keluarga dalam mendukung kegiatan P5RA pada pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Tulungagung yaitu membantu anak dalam menyiapkan bahan-bahan untuk proyek yang akan dilaksanakan, memberikan dukungan materi berupa uang, memberikan kebebasan anak untuk berkreativitas sesuai dengan bakat dan minat anaknya. 3) Hambatan utama guru dalam mendukung pembelajaran P5RA pada pembentukan karakter peserta didik yaitu dari pihak pendidik yang masih beradaptasi dengan kurikulum baru, peserta didik yang masih ada rasa malas untuk mengikuti kegiatan. Kata Kunci: P5RA, Pembentukan Karakter, Peranan Lingkungan Sekolah, Peranan Lingkungan Keluarga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202164 AMELIA NURFITRIANI |
Date Deposited: | 02 May 2025 01:49 |
Last Modified: | 02 May 2025 01:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |