STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK MAKANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN DI UD. SIDOMAJU DESA BOGORAN KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

IMAM MAKALI, 126402203189 (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK MAKANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN DI UD. SIDOMAJU DESA BOGORAN KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi pemasaran syariah produk makanan dalam meningkatkan jumlah penjualan di UD. Sidomaju Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek” yang diteliti oleh Imam Makali, NIM. 126402203189, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Doni Fitriyanto, M.E., Penelitian ini dilatar belakangi dengan produk makanan walangan adalah sebuah UMKM berupa makanan yang khas dari jawa terbuat dari singkong gula merah dan jahe untuk perasa. Pemasaraan produk makanan tersebut memerlukan strategi pemasaran syariah untuk memasarkan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah penjualannya. Maka dari itu perlu stategi pemasaran yang benar-benar efektif untuk meningkatkan penjualan produk walangan pada UD. Sidomaju. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran syariah produk makanan dalam meningkatkan jumlah penjualan di UD. Sidomaju Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana faktor pendukung strategi pemasaran syariah produk makanan dalam meningkatkan jumlah penjualan di UD. Sidomaju Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? 3) Bagaimana faktor penghambat strategi pemasaran syariah produk makanan dalam meningkatkan jumlah penjualan di UD. Sidomaju Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian yang di lakukan peneliti adalah 1) Strategi pemasaran syariah pada UD. Sidomaju strategi produk yang berkualitas yang halal dengan bahan alami, kepuasan pelanggan. Strategi harga yang adil disesuaikan dengan harga bahan produksi dan tenaga kerja, dan harga yang terjangkau. Strategi tempat produksi terpisah-pisah yang stratrgis, bahan baku yang dekat dan mudah didapatkan. Strategi promosi masih mulut ke mulut. Strategi orang pada masyarakat sekitar berikan training. Strategi proses memberikan tester kepada konsumen, dalam pemasaranya di saleskan sendiri ke toko-toko maupun grosir dengan prinsip kebenaran dan kejujuran. Dan Strategi bukti fisik dengan produk dipastikan terjamin, kualitas terdapat sertifikat halal. 2) Faktor pendukung strategi pemasaran syariah mudahnya pencarian bahan baku pembuatan walangan serta produk walangan dibuat sendiri untuk mempertahankan cita rasa dan tetap sehat. 3) Faktor penghambat strategi pemasaran syariah tempat di rumah sendiri. Faktor penghambat promosi masih menggunakan sistem manual dalam pemasarannya seperti mulut kemulut atau disaleskan sendiri. Solusi penghambat media sosial dalam promosi akan lebih membantu analisis pemasaran dalam meningkatkan jumlah penjualan yang berkembang. Kata kunci: Strategi, Pemasaran Syariah, Penjualan, Produk

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402203189 IMAM MAKALI
Date Deposited: 02 May 2025 02:32
Last Modified: 02 May 2025 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56948

Actions (login required)

View Item View Item