ADE NUR MUHKLIS, 17201163454 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (887kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ade Nur Muhklis, NIM 17201163454 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Asrop Safi’I, M.Ag. Kata Kunci: Srategi Guru, Kecerdasan, Spiritual Penelitian ini dilatar belakangi oleh Agama memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia, maka penanaman nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap individu menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh untuk mengembangkan kecerdasan spiritual melalui pendidikan baik dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Langkah strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (2) Hambatan strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (3) Solusi strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (2) Mendeskripsikan hambatan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (3) Mendeskripsikan solusi pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dilengkapi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Langkah strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung membangun komunikasi yang baik dan melihat perkembangan yang ditunjukkan oleh peserta didik pada saat pandemi dengan cara daring selaras dengan pendapat Mulyasa, yaitu Komunikasi dibangun antar warga sekolah, seperti guru dengan guru, siswa dengan siswa, dan guru dengan orang tua murid. (2) Hambatan strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal di antaranya peserta didik mempunyai sudut pandang dan prinsip hidup masing-masing. Sedangkan faktor eksternal di antaranya keluarga, lingkungan sekolah dan pergaulan, dikarenakan faktor tersebut tidak datang dari dalam diri peserta didik itu sendiri (3) Solusi strategi guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung dilaksanakan melalui kegiatan pengawasan dan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa dengan adanya presensi, dengan presensi tersebut guru akan mengetahui siapa yang mengikuti shalat berjamaah dan tidak, serta untuk yang tidak mengikuti shalat berjamaah akan diberikan sanksi atau punishment untuk mengikuti shalat berjamaah di hari selanjutnya walaupun tidak jadwalnya. Kemudian, melakukan kerjasama dengan wali murid untuk melakukan pengawasan dan juga mengamati setiap kegiatan peserta didik selama di rumah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak sekolah untuk ditindak lanjuti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163454 ADE NUR MUHKLIS |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |