STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

MOH. ERIC CHOIRUL MAKRUS, 12201193302 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Disiplin Belajar Peserta Didik Di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Eric Choirul Makrus, NIM. 12201193302, pembimbing Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Sikap Disiplin Peserta Didik Penelitian dilatarbelakangi oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah pertama di Tulungagung yang menerapkan pembelajaran Akidah Akhlak sebagai salah satu mata pelajaran agama. Pelajaran ini bertujuan untuk mengajarkan sikap disiplin dan akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Meskipun secara umum sikap disiplin dan akhlak siswa di MTSN 5 Tulungagung sudah baik, terdapat beberapa siswa yang telah menerapkan sikap disiplin dan akhlak sesuai dengan peraturan madrasah. Hal ini menuntut peran aktif guru, khususnya Guru Akidah Akhlak, untuk membina dan membimbing siswa agar mampu meningkatkan sikap disiplin dan mematuhi peraturan madrasah secara lebih baik di masa mendatang. Dalam penelitian yang menjadi fokus pembahasan adalah (1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam masuk sekolah di MTSN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana startegi guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengerjakan tugas sekolah di MTSN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sekolah di MTSN 5 Tulungagung? (4) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi dan mentaati tata tertib peraturan sekolah di MTSN 5 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru akidah akhlak, dan peserta didik MTsN 5 Tulungagung. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa (1) strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan masuk sekolah siswa adalah dengan sosialisasi rutin tentang disiplin, terutama ketepatan waktu, yang melibatkan siswa dan orang tua, berperan penting dalam membentuk karakter dan prestasi akademik siswa. Pendekatan personal oleh guru dan dukungan dari orang tua membantu mengurangi keterlambatan serta meningkatkan tanggung jawab dan kedisiplinan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan karakter siswa untuk masa depan. (2) strategi guru dalam penargetan pengerjaan dan pengumpulan PR tepat waktu efektif dalam membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Dengan menetapkan tenggat waktu yang jelas, siswa belajar mengelola waktu, menghargai komitmen, dan meningkatkan keterampilan organisasi. Strategi ini juga menciptakan lingkungan belajar yang teratur, mendukung penilaian guru, dan memberikan umpan balik yang konstruktif, serta membantu pengembangan karakter siswa untuk masa depan. (3) strategi guru dalam memberikan dorongan dorongan bagi siswa untuk menyampaikan pendapat menciptakan lingkungan belajar inklusif, meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan berpikir kritis, serta keterlibatan siswa dalam diskusi kelas. Pendekatan ini menghargai setiap pendapat, sehingga mendorong motivasi dan kemampuan komunikasi siswa. (4) strategi guru dalam memberikan tindakan disiplin jika siswa melanggar peraturan, termasuk pemberian hukuman sebagai upaya edukatif untuk menyadarkan siswa tentang konsekuensi dari tindakan mereka. Hukuman disesuaikan dengan pelanggaran dan bertujuan agar siswa belajar dari kesalahan serta memahami pentingnya disiplin dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193302 MOH. ERIC CHOIRUL MAKRUS
Date Deposited: 07 May 2025 02:27
Last Modified: 07 May 2025 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56963

Actions (login required)

View Item View Item