STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

YENI ZANUBA ARIFAH, 12205183282 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Zanuba Arifah NIM. 12205183282. Jurusan Tarbuyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar, Auditori, Visual, Kinestetik. Gaya belajar siswa banyak macamnya dan seorang guru harus memahaminya dengan baik agar dalam menerapkan strategi maupun metode pembelajaran menjadi efektif. gaya belajar berhubungan dengan cara anak belajar, serta cara belajar yang disukai. Siswa pada umumnya akan sulit memproses informasi dalam satu cara yang dirasa tidak nyaman bagi mereka. Siswa memiliki kebutuhan belajar sendiri, belajar dengan cara yang berbeda, serta memproses informasi dengan cara yang berbeda. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaiman pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan (1) Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar adalah menggali dan mengenali gaya belajar masing-masing siswa, mempersiapkan perangkat pembelajaran modul belajar berdiferensiasi, merumuskan materi, media dan metode pembelajaran yang identik dengan gaya belajar masing-masing siswa, dan menempatkan posisi duduk. (2) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar adalah membaca materi sambil mengucapkan, menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, menerapkan Singing Method, dan menerapkan media audio bagi siswa tipe auditori. Menggunakan media realita, media gambar dan video, menerapkan metode demonstrasi, menerapkan teknik mencatat materi, dan peta konsep (Mind Mapping) bagi siswa tipe visual. Menerapkan metode eksperimen, metode role play, metode bernyanyi dan bergerak, dan ice breaking bagi siswa tipe kinestetik. (3) Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi gaya belajar adalah memberikan pertanyaan langsung dan umpan balik verbal dan tes/ujian lisan serta hafalan bagi siswa tipe auditori, tes tulis dan tebak gambar siswa tipe visual, dan metode role play dan kuis bagi siswa tipe kinestetik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Akhirat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183282 YENI ZANUBA ARIFAH
Date Deposited: 02 May 2025 03:54
Last Modified: 02 May 2025 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56973

Actions (login required)

View Item View Item