PENGARUH APLIKASI TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AZIMA IZZIRRUHMA, 126205203259 (2024) PENGARUH APLIKASI TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Azima Izzirruhma, NIM 126205203259 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbingْolehْْArpindaْSyifa’aْAwalin,ْM.Pd Kata kunci: Aplikasi Tiktok, Hasil Belajar, Kreativitas Penelitian ini di latar belakangi oleh berkembangnya teknologi masa kini yang mempengaruhi sektor lain seperti politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini adalah dengan adanya aplikasi penunjang kreativitas contohnya tiktok. Penggunaan aplikasi tiktok yang tepat tentu dapat membawa dampak baik bagi penggunanya, begitu pula sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 2) Adakah pengaruh aplikasi tiktok terhadap kreativitas siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 3) Bagaimana pengaruh aplikasi Tiktok terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungangung. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pengaruh tiktok terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Bendiljati wetan Sumbergempol Tulungagung 2) Untuk menjelaskan pengaruh tiktok terhadap kreativitas siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 3) Untuk menjelaskan pengaruh tiktok terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian purposive sampling dengan menggunakan angket dan pretest posttest sebagai instrumen penelitian. xv Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (p-value) untuk perbandingan antara PreTest dan PosTest adalah 0.001. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umum digunakan, yaitu 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa tolak H0 terima H1. (2) Adanya pengaruh aplikasi tiktok terhadap kreativitas siswa. Dibuktikan dengan hasil tes uji t-test yang disajikan, nilai signifikansi (p-value) adalah 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umum digunakan, yaitu 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aplikasi tiktok terhadap kreativitas siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa tolak H0 terima H1. (3) Adanya pengaruh aplikasi tiktok terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Dibuktikan dengan hasil dari uji hipotesis metode uji paired sample t test maka dapat disimpulkan bahwa tolak H0 terima H1. Jadi ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Dari penjelasan diatas dapat dikatakan ada pengaruh aplikasi tiktok (X) terhadap hasil belajar (Y1) dan, kreativitas belajar peserta didik (Y2). Nilai signifikansi (p-value) untuk perbandingan antara PreTest dan PosTest adalah 0.001. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umum digunakan, yaitu 0.05. Berdasarkan hasil tes uji t-test yang disajikan, nilai signifikansi (p-value) adalah 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umum digunakan, yaitu 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aplikasi tiktok terhadap kreatifitas siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa tolak H0 terima H1.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203259 AZIMA IZZIRRUHMA
Date Deposited: 05 May 2025 04:26
Last Modified: 05 May 2025 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57010

Actions (login required)

View Item View Item