DINNA DURRATUL HIKMAH, 126205202170 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Hikmah, Dinna, Durratul. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 3 Tulungagung. Skripsi,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Rohmah Ivantri, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya inovasi dalam penggunaan model-model pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Serta minimnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, membuat peserta didik kurang dapat berpikir secara kritis dan dalam menyampaikan pendapatnya. Dalam konteks ini, peneliti menghubungkan masalah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar PKN siswa kelas III MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III MIN 3 Tulungagung (2) menguji fektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MIN 3 Tulungagung (3) menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas III A dan III C MIN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t-test Independent Sample Test). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) adanya efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar PKN siswa kelas III MIN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,751>0.05 (2) adanya efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III MIN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,281>0.05 (3) terdapat efektifitas model pembelajarankooperatif tipe jigsaw terdapat motivasi dan hasil belajar PKN siswa kelas III MIN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi < 0,05 bisa diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202170 DINNA DURRATUL HIKMAH |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:10 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |