PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMAN 2 TRENGGALEK

WIRDA MASITOH AM, 126201203308 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional di SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Wirda Masitoh Am, NIM. 126201203308, program studi pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah, di bawah bimbingan Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: peran guru, pendidikan agama Islam, kecerdasan emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting guru dalam membantu siswa mengembangkan kecerdasan emosional yang seimbang, khususnya di SMAN 2 Trenggalek, di mana guru Pendidikan Agama Islam telah mengimplementasikan metode pengajaran yang mendukung pertumbuhan emosional siswa. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kecerdasan emosional dalam menghadapi tantangan sosial, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui metode pengajaran yang terstruktur. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu: (1) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMAN 2 Trenggalek, (2) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 2 Trenggalek, dan (3) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan prosedur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta pengecekan sejawat untuk menjamin validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Agama Islam menyampaikan materi yang mendukung pemahaman emosional melalui pendekatan yang kontekstual dan relevan bagi siswa, (2) motivasi yang diberikan, baik secara internal maupun eksternal, membantu siswa dalam mengelola emosi secara lebih baik, khususnya dalam memahami materi agama Islam, dan (3) pendekatan interaktif dan kegiatan kelompok yang diterapkan memungkinkan siswa untuk saling mendukung, yang secara kolektif dan individual berperan dalam meningkatkan kecerdasan emosional mereka. Implikasi dari hasil ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat strategis dalam mendukung pengembangan karakter siswa melalui kecerdasan emosional, yang dapat menjadi panduan bagi program pelatihan guru dan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203308 WIRDA MASITOH A.M
Date Deposited: 09 May 2025 02:19
Last Modified: 09 May 2025 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57025

Actions (login required)

View Item View Item