SOKHIBUL MA'RUF, 126306202101 (2024) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS 11 MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (989kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (761kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sokhibul Ma’ruf. 126306202101. Bimbingan Konseling Islam. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas 11 MAN 1 Trenggalek. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulla h Tulungagung. Pembimbing: Dzinnun Hadi S.Sos.,M.Pd Kata Kunci:Kepercayaan Diri, Stres Akademik Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah kepercayaan diri siswa. Kepercayaan diri siswa adalah keyakinan terhadap individu untuk mengembangkan kemampuan internal untuk sesuatu yang bermanfaat untuk individ u dan orang lain. Seseorang yang digambarkan ragu-ragu atau pendiam terkadang kurang percaya diri. Ragu-ragu mencerminkan ketidak percayaan mendasar dalam individu yang membuat keraguan pada diri sendiri untuk melakukan segala sesuatu dan menjadi suatu hal yang lebih baik. Sedangkan stres akademik mencakup pada salah satu jenis stres yang dialami siswa, disebabkan oleh berbagai tuntutan akademik, termasuk tugas sekolah, ujian, dan presentasi. Selain itu, siswa juga sering menghadapi tekanan untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Penelitia n ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa kelas 11 MAN 1 Trenggalek dan untuk mengetahui gambaran stress akademik pada siswa kelas 11 MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi product moment pearson. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner/angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 MAN 1 Trenggalek sejumlah 61 siswa dari 159 populasi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategorti kepercayaan diri siswa kelas 11 MAN 1 Trenggalek dominan pada kategori “sedang” dengan persentase 62% dengan jumlah 38 siswa. Tingkat stres akademik pada siswa kelas 11 MAN 1 Trenggalek dominan berada pada kategori “sedang” dengan persentase 67% dengan jumlah 41 siswa. Berdasarkan hasil analisis korelasi “Product Moment Perason” menunjukan nilai R sebersa 0,259 adalah koefisien korelasi antara kepercayaan diri dengan stres akademik. Nilai R tersebut menunjukan bahwa hubungan antara kepercayaan diri dengan stres akademik berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dinyatakan bahwa hubungan kepercayaan diri dengan stres akademik memiliki hubungan yang positif yang artinya kepercayaan diri yang semakin tinggi akan mencerminkan tingkat kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202101 SOKHIBUL MA'RUF |
Date Deposited: | 14 May 2025 01:21 |
Last Modified: | 14 May 2025 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57149 |
Available Versions of this Item
- HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS 11 MAN 1 TRENGGALEK. (deposited 14 May 2025 01:21) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |