PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA KARTU AYAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YUNITA SARI, 2817133211 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA KARTU AYAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Kartu Ayat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yunita Sari, NIM. 2817133211, dan dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata kunci : Model Pembelajaran Langsung, Media Kartu Ayat, Hasil Belajar, Al Qur’an Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan belajar mengajar Al Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah dirasakan sebagai mata pelajaran yang monoton dan kurang menarik, sehingga materi yang disampaikan oleh pendidik kurang bermakna dalam diri peserta didik dan hasil belajarnya rendah. Menanggapi permasalahan tersebut maka diperlukan model dan media pembelajaran yang baik dimana dapat menumbuhkan gairah belajar, kerjasama, keaktifan, menanamkan kepercayaan diri, dan rasa tanggung jawab terhadap pelajaran yang ditekuninya. Salah satu alternatif model dan media pembelajaran yang dapat memicu semangat peserta didik untuk aktif ikut terlibat dalam pembelajaran adalah model pembelajaran langsung dengan media kartu ayat. Sehingga, diharapkan dengan penerapan model pembelajaran langsung dengan media kartu ayat dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan model langsung dengan media kartu ayat peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan model langsung dengan media kartu ayat peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana hasil belajar yang diperoleh dengan diterapkannya model langsung dengan media kartu ayat pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan model langsung dengan media kartu ayat peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan model langsung dengan media kartu ayat peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh dengan diterapkannya model langsung dengan media kartu ayat pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Hadits tentang Menyayangi Anak Yatim peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan PTK (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas kerjasama dan keaktifan peserta didik mencapai prosentase 75%, serta hasil belajar peserta didik mencapai prosentase 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan media kartu ayat dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar Al Qur`an Hadits peserta didik. Peningkatan aktivitas kerjasama peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu dari 80,9% menjadi 92,72%. Peningkatan aktivitas keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu dari 75% menjadi 90%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 75,62 (62,86%) , sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,57 (91,43%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan media kartu ayat dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar Al Qur`an Hadits materi hadits tentang menyayangi anak yatim peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133211 YUNITA SARI
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:31
Last Modified: 30 Aug 2017 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item