DIYAROTUL KAMALIYAH, 126206202035 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENANGANI ANAK HIPERAKTIF DI TK-KB ABA PELANGI KEDUNGWARU (Studi Kasus Anak Hiperaktif di KB). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Diyarotul Kamaliyah. 2024. Strategi Pembelajaran dalam Menangani Anak Hiperaktif di TKKB ABA Pelangi Kedungwaru (Studi Kasus Anak Hiperaktif di KB). Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci: Strategi Pembelajaan, Anak Hiperaktif Pembelajaran merupakan suatu interaksi yang perlu dilakukan di dunia pendidikan antara guru dan anak guna tercapainya penyampaian informasi pembelajaran dengan efektif pada suatu lingkungan belajar. KB ABA Pelangi merupakan salah satu lembaga yang mempunyai kelas inklusi yang berisi anak-anak berkebutuhan khusus salah satunya anak hiperaktif. Perkembangan anak hiperaktif memiliki perbedaan dengan anak pada umumnya, salah satunya anak cenderung sangat aktif dan sulit diam dikendalikan saat berkonsentrasi oleh salah satu tugas. Sementara itu, pendidikan di KB ABA Pelangi cukup berhasil diantara sekolah lain menyatakan dalam mengelola lembaga inklusi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran dalam menangani anak hiperaktif di KB ABA Pelangi Kedungwaru. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam menangani anak hiperaktif di KB ABA Pelangi Kedungwaru. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap anak hiperaktif di KB ABA Pelangi Kedungwaru. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di TK-KB ABA Pelangi Kedungwaru yang terletak di di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Gang Romowijoyo 65 Desa Kedungwaru RT 01 RW 01. Objek pada penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti anak hiperaktif di TK ABA Pelangi Kedungwaru.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan tahapan-tahapan penelitian. Hasil penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: orangtua mendampingi anak ketika pembelajaran berlangsung, tim invira sebagai terapis setiap hari juma’at dan sabtu, ketika terapi tidak boleh ditunggu orangtua, ada terapi diluar ruangan untuk pelatihan morik halus dan kasar. 1) Perencanaan dalam pembelajaran menangani anak hiperaktif. Pertama menentukan tema atau topik yang sesuai dengan anak hiperaktif dan mencangkup keterampilan semua aspek anak, Kedua membuat modul ajar dengan tema binatang, sub tema Mio Tak Sendiri, sub-sub tema menyebutkan nama hewan menggunakan peraga buku cerita, Ketiga menentukan kegiatan yang akan dilakukan anak hiperaktif. 2) Pelaksanaan dalam pembelajaran dalam menangani anak hiperaktif. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu menulis dan meniru tulisan garis seperti dibuku tulis, mengkolase gambar kucing, mewarnai gambar kereta api. 3) Evaluasi pembelajaran dalam menangani anak hiperaktif pengevaluasinya perkembangan anak secara berkala seperti penilaian Observasi dengan cara mengamati anak kemudian dijelaskan dengan naskah, Hasil karya, Anekdot, Checklist.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202035 DIYAROTUL KAMALIYAH |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:18 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |