Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits MIN Pucung Ngantru Tulungagung

Putri Ayu Maulidyah, 2817133146 (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits MIN Pucung Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits MIN Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Ayu Maulidyah, NIM. 2817133146, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya motivasi belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Motivasi belajar bisa berasal dari dalam diri peserta didik (intrinsik) dan bisa juga berasal dari luar diri peserta didik (ekstrinsik). Kedua motivasi belajar tersebut mempunyai peranan penting dan merupakan faktor penentu dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar yang terdiri dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik MIN Pucung Ngantru Tulungagung dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung, Ngantru Tulungagung pada tahun ajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung, Ngantru Tulungagung pada tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh antara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung, Ngantru Tulungagung pada tahun ajaran 2016/2017? (4) Diantara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik, faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung, Ngantru Tulungagung pada tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 228 anak. Pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling dengan pemilihan sampel secara purposive sampling, dan akhirnya diperoleh sampel sebanyak 51 anak dari kelas IV A dan V. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai thitung (3,002) > ttabel (2,012) dan nilai Signifikansi (0,004) < (0,05). (2) motivasi belajar ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai thitung (2,581) > ttabel (2,012) dan nilai Signifikansi (0,013) < (0,05). (3) Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini berdasarkan pada taraf signifikansi = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 25,383 > Ftabel = 3,20. (4) Selanjutnya, berdasarkan hasil pengujian, variabel motivasi belajar intrinsik memiliki nilai koefisien beta sebesar 1,065. Sehingga motivasi belajar intrinsik adalah variabel yang berpengaruh paling dominan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 2817133146 PUTRI AYU MAULIDYAH
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:44
Last Modified: 15 Aug 2017 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item