MAHFIDLOTUS SALAMAH AL MUSA, 12201193272 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Al Musa, Mahfidlotus Salamah. 2024. Pengaruh Pembelajaran Qur’an Hadis terhadap Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Blitar. Skirpsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurusan, Universitas Islam Negeri Saayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Nuryani, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Pembelajaran Qur’an Hadis, Kemampuan Membaca Al Qur’an, Kemampuan Menulis Al Qur’an Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah merupakan unsur mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) pada madrasah Tsanawiyah yang memberikan pendidikan kepada siswa supaya dapat memahami isi dari Al-Qur’an dan Hadits dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupannya. Baca tulis Al Qur’an. Al-Qur'an Hadis merupakan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran Qur’an hadis terhadap kemampuan membaca Alquran pesert didik kelas VIII MTsN 1 Blitar. (2) mengetahui pengaruh pembelajaran Qur’an hadis terhadap kemampuan menulis Alquran peserta didik kelas VIII MTsN 1 Blitar. (3) mengetahui pengaruh pembelajaran Qur'an hadis terhadap kemampuan membaca dan menulis Al qur'an peserta didik kelas VIII MTsN 1 Blitar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Penelitian ini berlokasi di MTsN 1 Blitar. Instrument penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrument angket untuk mengetahui pembelajaran Qur’an Hadis, instrument tes untuk mengetahui Tingkat kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an, dan dokumentasi untuk mengukur Tingkat keterlaksanaa pembelajaran Qur’an Hadis. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan t-test independent hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran Qur’an Hadis (X) terhadap kemampuan membaca Al Qur’an (
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193272 MAHFIDLOTUS SALAMAH AL MUSA |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:25 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |