LORENSA AGUSTINA, 1880501220043 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung)”. ini ditulis oleh Lorensa Agustina dengan dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Multisitus di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini berfokus pada Upaya kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana sinkronisasi kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung? (4) Bagaimana evaluasi kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap perencanaan, sinkronisasi, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait manajemen kurikulum dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum dan pembelajaran saling berkaitan dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum dan pembelajaran pada MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung mengacu beberapa aspek, yakni: a) landasan perencanaan kurikulum; landasan filosofis menggunakan falsafah pancasila, landasan sosiologis yakni, kebutuhan masyarakat akan pendidikan berbasis karakter, landasan psikologis yakni, manusia dibentuk dengan lingkungan melalui lingkungan pesantren. b) tujuan perencanaan kurikulum sebagaimana tujuan pendidikan nasional yang dirumuskan dalam bentuk visi-misi lembaga, dan dikerucutkan pada tujuan lembaga, disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan lembaga pendidikan. c) Organisasi isi kurikulum, pada Kurikulum Merdeka. (2) Sinkronisasi kurikulum dan pembelajaran pada MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung, merupakan unsur dari pengorganisian kurikulum dan pembelajaran yakni sebagai subsistem bersiri sendiri, dan saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya, yang akan mempengaruhi kinerja subsistem di dalamnya. Dimana MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagug pengorganisasian secara akademik maupun non akademik berorientasi pada kebutuhan peserta didik. (3) Pelaksananan kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan pada MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung tentu sesuai dengan ketentuan kurikulum dari pemerintah. Begitupun pada tahapan awal adalah membuat modul ajar sesuai ketentuan kurikulum merdeka. (4) Evaluasi kurikulum dan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Banyuwangi dan MAN 2 Tulungagung dilakukan sesuai versi masing – masing lembaga. Tahapan evaluasi pertama dengan penetapan tujuan evaluasi yakni untuk mengetahui tingkat capaian keberhasilan dari kurikulum dan pembelajaran yang diterapakan dan hasil evaluasi digunakan untuk tindak lanjut perencanaan dan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran yang akan datang Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Pembelajaran, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220043 LORENSA AGUSTINA |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:07 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |