تحليل إعراب القرآن في سورة الملك واستراتيجيات تعليمه

SULTAN HANAFI, 126202202064 (2024) تحليل إعراب القرآن في سورة الملك واستراتيجيات تعليمه. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul: “Analisis I’rab dalam Al-Qur'an Surat Al-Mulk dan Strategi Pembelajarannya” yang ditulis oleh Sultan Hanafi, NIM: 126202202064. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bawah bimbingan Prof. Dr. Sokib, M.Pd.I, NIP: 197104202000031004. Kata Kunci : I’rab, Al-Qur’an, Surat Al-Mulk, Strategi Pembelajaran Latar belakang penelitian ini yaitu penting bagi setiap Muslim untuk memahami Al-Qur’an, salah satu cara untuk memahami Al-Qur’an adalah mengetahui kaidah i’rabnya. Surat Al-Mulk dipilih dalam penelitian ini karena surat ini memiliki banyak manfaat. Tetapi di Indonesia para murid kesulitan dalam belajar I’rab Al-Qur’an karena rendahnya minat siswa terhadap bahasa Arab. Adapun rumusan masalahnya yaitu, bagaimana bentuk perubahan-perubahan I’rab yang terjadi didalam Al-Qur’an surah Al-Mulk dan bagaimana strategi pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bentuk perubahan I’rab Surat Al-Mulk dan strategi pembelajarannya. Sedangkan untuk metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi.Hasil penelitian ini menyatakan jumlah i’rab rafa’ yang terdapat dalam surat al-mulk ada sembilan puluh sembilan. Sedangkan untuk i’rab nashab pada surat al-mulk ada empat puluh sembilan. Sedangkan bentuk i’rab jar terdapat enam puluh sembilan dan bentuk i’rab jazm hanya terjadi dua kali, yaitu pada ayat keempat dan kesembilan belas. Adapun strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengajarkan analisis i’rab dalam surat al-mulk diantaranya strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran afektif, strategi pembelajaran kontekstual, strategi pembelajaran quantum, dan strategi pembelajaran aktif. Dalam strategi pembelajaran aktif ada sepuluh metode yang dapat digunakan, yaitu pembelajaran menggunakan kartu sortir, pembelajaran kekuatan dua kepala, pembelajaran menggunakan kuis kelompok, pembelajaran jigsaw, pembelajaran semua bisa menjadi pendidik, pembelajaran snowballing, pembelajaran mencari informasi, pembelajaran peer lessons, pembelajaran mencari pasangan kartu indeks, dan pembelajaran sel belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202064 SULTAN HANAFI
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:31
Last Modified: 05 Jun 2025 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57318

Actions (login required)

View Item View Item