IIS ISMAWATI, 126202202041 (2024) تطبيق الطريقة التمثيلية (Role Playing) في تعليم مهارة الكلام لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية بستان المتعلمين باليتار. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Playing dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Blitar” ini ditulis oleh Iis Ismawati, NIM. 126202202041, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara Latar belakang dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa, karena mendukung kemampuan berkomunikasi dan pemahaman. Akan tetapi keterampilan berbicara merupakan hal yang sulit bagi siswa. Salah satu Upaya yang dapat ditempuh dengan menggunakan metode Role Playing merupakan metode pembelajaran yang menjadikan peserta didik aktif dan kreatif dalam belajar. Metode ini melibatkan interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa. Metode Role Playing tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara tetapi juga meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa untuk belajar bekerja sama, mengembangkan empati dan memahami situasi komunikasi yang berbeda. Rumusan masalah penelitian: 1) Bagaimana penerapan metode Role Playing dalam pengajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Blitar? Dan 2) Bagaimana permasalahan dan solusi penerapan metode Role Playing dalam pengajaran keterampilan berbicara pada siswa X di Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Blitar? Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menampilkan data, menyimpulkan dan menguji. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Role Playing dalam pengajaran keterampilan berbicara di Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Blitar membantu siswa untuk lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Arab. a) Perencanaan metode Role Playing diawali dengan pemilihan topik yang relevan dan menarik bagi siswa. Guru menyiapkan skenario sederhana mencakup dialog untuk siswa. Sebelum bermain peran, guru memberikan pengenalan kosakata dan petunjuk pengucapan serta ekspresi yang perlu diperhatikan. b) Penerapan metode ini melibatkan pembagian kelompok dan memberi peran sesuai dengan skenario yang disiapkan. Guru menyediakan waktu untuk latihan sebelum siswa tampil. Pada sesi bermain peran, guru bertindak sebagai pengamat dan mencatat aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, seperti pengucapan dan intonasi. C) Evaluasi dilaksanakan melalui tes lisan dan tertulis. Dan 2) Permasalahan dalam penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Blitaadalah: (1) kurangnya waktu, (2) rasa malu siswa saat tampil, (3) kurangnya peralatan pendukung. Solusinya adalah dengan: (1) mengalokasikan waktu yang cukup untuk bermain peran, (2) melakukan latihan persiapan sebelum pertunjukan, (3) menggunakan alat peraga yang menarik agar lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal dalam pengajaran keterampilan berbicara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202202041 IIS ISMAWATI |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:21 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |