PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR

FITRI WULANDARI, 126204211028 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (651kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Improve Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Fitri Wulandari, NIM. 126204211028, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran dengan Model Improve, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa masih cenderung masih bergantung pada guru dan kurang terarah dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai saat kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran dengan model Improve terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan model Improve terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental research atau biasa disebut juga dengan istilah eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pembelajaran dengan model Improve terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar, (2) Besar pengaruh pembelajaran dengan model Improve terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar adalah sebesar 1,12 atau dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s menunjukkan persentase pengaruh sebesar 86% dengan kategori persentase tersebut tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Improve dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211028 FITRI WULANDARI
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:40
Last Modified: 10 Jun 2025 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57696

Actions (login required)

View Item View Item