ELVIRA RIZQI PRATIWI, 126206202036 (2024) STIMULASI KEMAMPUAN SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAGIC STRAWS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Elvira Rizqi Pratiwi. 2024. Stimulasi Kemampuan Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Magic Straws Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Simbolik, Magic Straws, Anak Usia 4-5 Tahun Kemampuan Simbolik merupakan bagian dari perkembangan kognitif atau perkembangan kemampuan berfikir anak dimana pada tahap ini anak belajar mengenal kosep, anak belajar dalam menggunakan symbol – simbol untuk menggambarkan sesuatu yang tidak ada dihadapannya, anak belajar berimajinasi atau berkhayal. Anak usia empat sampai lima tahun menurut Piaget masuk pada tahap pra operasional. Kemampuan simbolik menjadi salah satu hal penting yang harus distimulus demi tercapainya perkembangan kognitif anak yang optimal. Keberagaman kemampuan simbolik yang berbeda drastis dalam satu kelas menjadi salah satu urgensi lembaga – lembaga PAUD saat ini, tidak terkecuali TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Kemampuan beragam cenderung belum optimal khususnya kemampuan simbolik pada anak kelas TK A1 menjadikan sebuah tantangan bagi guru kelas. Keberhasilan guru kelas dalam menstimulus kemampuan simbolik anak dengan berbagai media pembelajaran salah satunya permainan magic straws membuat perlunya menganalisis perkembangan simbolik pada anak usia empat sampai lima tahun melalui permainan magic straws. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan kemampuan simbolik anak usia empat sampai lima tahun; (2) mendiskripsikan hambatan kemampuan simbolik anak usia empat sampai lima tahun; (3) serta mendiskripsikan permainan magic straws pada kemampuan simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan peneliti sebagai sumber penghimpun data. Data diperoleh dari penelitian lapangan dengan objek penelitian guru dan anak usia empat sampai lima tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi yang selanjutnya di kondensasi, disajikan dalam bentuk naratif, serta dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan kemampuan simbolik anak usia empat sampai lima tahun di kelas TK A1 cukup kompleks dan beragam ada yang sudah bisa berhitung secara berurutan dengan menggunakan simbol ada anak yang belum bisa atau sering lupa berhitung secara berurutan dan penulisan angka. Kemampuan fokus dan mengingat yang kurang, anak yang belum pernah PAUD atau belum memiliki pengalaman belajar, serta karakter anak yang unik menjadi hambatan perkembangan simbolik anak di kelas TK A1. Kelebihan dari permainan magic straws pada perkembangan simbolik anak di kelas TK A1 yaitu membantu menstimulasi daya ingat anak serta memahami bentuk - bentuk, simbol- simbol, konsep berhitung, mengasah imajinasi dan mengasah fokus serta motorik halus anak. Permainan magic straws ini membantu menstimulasi penalaran anak dengan media pembelajaran yang nyata atau real. Permainan magic straws sangat membantu dalam proses menstimulasi pekembangan kemampuan simbolik anak usia empat sampai lima tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ng
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202036 ELVIRA RIZQI PRATIWI |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:45 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57735 |
Available Versions of this Item
-
STIMULASI KEMAMPUAN SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAGIC STRAWS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT. (deposited UNSPECIFIED)
- STIMULASI KEMAMPUAN SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAGIC STRAWS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT. (deposited 02 Jun 2025 06:45) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |