FITRIA PRASTYANING ALVARIANI, 126201212107 (2025) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM DRAMA KOREA GENRE COMING OF AGE TWENTY-FIVE TWENTY-ONE EPISODE 11-16. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Islami Dalam Drama Korea Genre Coming Of Age Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16” ini ditulis oleh Fitria Prastyaning Alvariani, NIM. 126201212107, dengan pembimbing Dr. Mohammad Ja’far Ashodiq, S.Kom, M.Pd.I. Kata kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Karakter Islami, Drama Korea, Twenty-Five Twenty-One Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dari pendidikan karakter yang kurang diperhatikan oleh anak zaman sekarang. Anak-anak lebih banyak terpengaruh oleh produk film yang terkesan kurang dalam mendidik, bahkan mengandung unsur bahaya yang dapat menyebabkan krisis moral diantara mereka. Mereka lebih dominan mengikuti gaya, karakter, dan fashion idola mereka yang dinilai tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Dalam hal ini peneliti merelevansikan nilai pendidikan karakter islami dalam drama Korea Twenty- Five Twenty-One dengan pendidikan agama islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini nilai-nilai pendidikan karakter islami dalam Drama Korea Twenty-Five twenty-One episode 11-16 dan relevansinya dengan Pendidikan Agama islam. Sehingga memunculkan pertanyaan penelitian yaitu (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter islami direpresentasikan dalam karakter dan cerita Drama Korea Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16? (2) Bagaimana relevansinya Drama Korea Genre Coming Of Age Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16 dengan Pendidikan Agama Islam?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter islami dalam Drama Korea Genre Coming Of Age Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16 dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengalaman langsung mengenai nilai pendidikan karakter islami yang didapat dari menonton Drama Korea serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi pembaca sebagai tambahan informasi bahwasannya nilai-nilai pendidikan karakter islami dapat diperoleh dari menonton Drama Korea serta dapat menyaring budaya lain yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Bagi mahasiswa program studi pendidikan agam islam sebagai referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya. Bagi peneliti selanjutnya sebagai perbandingan khususnya bagi penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan karakter islami yang terdapat dalam Drama Korea. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data dengan analisis semiotika menurut teori Charles Sanders Peirce. Peirce memperlihatkan tiga elemen utama pembentuk tanda yang disebut dengan model triadic sehingga menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter islami dalam Drama Korea Genre Coming Of Age Twenty-Five Twenty-One. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dalam bentuk screnshoot yang akan dimasukkan dalam tabel triadic yang selanjutkan dikaji dan menganalisis isi drama dengan menjabarkan arti dari setiap gambar adegan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami yang terdapat dalam Drama Korea Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16 yaitu nilai kesabaran (Sabr), nilai persaudaraan (Ukhuwah), nilai tanggung jawab (Amanah), nilai percaya diri (Tsiqah bin nafs), nilai kejujuran (Siddiq), nilai keadilan (Adl), nilai rendah hati (Tawadhu’), nilai empati (Tafahum), nilai bersyukur, nilai pengendalian diri (Mujahadah an-nafs), nilai kerja keras (Ikhtiar) dan nilai birrul walidain. Drama Korea Twenty-Five Twenty-One Episode 11-16 memiliki relevansi dengan Pendidikan Agama Islam. Relevansi ini terbagi dalam aspek kunci Pendidikan Agama Islam yakni akhlak dan muamalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212107 FITRIA PRASTYANING ALVARIANI |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:03 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |