PENERAPAN MODEL MORDISCVEIN MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN 10 NGAWI

KARISMA AYU SYAFITRI, 126205213205 (2025) PENERAPAN MODEL MORDISCVEIN MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN 10 NGAWI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Mordiscvein Meningkatkan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MIN 10 Ngawi”. Ditulis oleh Karisma Ayu Safitri, NIM. 126205213205, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mordiscvein, Berpikir Kritis, Matematika. Matematika adalah pelajaran yang seringkali ditakuti siswa. Banyak yang merasa sulit memahami materi, sehingga menganggap matematika sebagai pelajaran yang paling tidak disukai. Padahal, berpikir kritis dalam pelajaran matematika sangat penting karena bisa membantu siswa menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah. Melihat permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Mordiscvein untuk membantu siswa berpikir lebih kritis. Model ini dibuat untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar dengan cara bekerja sama dan berdiskusi dengan teman. Harapannya, siswa akan lebih paham materi dan bisa berpikir lebih dalam saat menghadapi soal-soal matematika. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses perencanaan model pembelajaran Mordiscvein untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 10 Ngawi 2) Bagaimanakah proses implementasi model pembelajaran Mordiscvein untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 10 Ngawi 3) Bagaimanakah proses evaluasi model pembelajaran Mordiscvein untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 10 Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 10 Ngawi, sebanyak 27 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa, kuesioner (angket), dan soal tes. Data kemudian dianalisis dengan rumus persentase. Hasilnya menunjukkan perkembangan yang cukup baik dari awal (pra-siklus) hingga dua siklus pembelajaran: Sebelum model digunakan, hanya 37% siswa yang nilainya tuntas, dan 62,9% belum. Setelah siklus pertama, siswa yang tuntas meningkat jadi 70,3%. Pada siklus kedua, seluruh siswa sudah mencapai nilai tuntas. Dengan hasil ini, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran cukup berhasil pada siklus kedua. Namun, walaupun nilai sudah memenuhi standar minimal, masih ada siswa yang belum benar-benar paham cara berpikir kritis. Maka dari itu, perlu bimbingan lebih lanjut agar pemahaman mereka makin kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213205 KARISMA AYU SAFITRI
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:06
Last Modified: 04 Jun 2025 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57752

Actions (login required)

View Item View Item