ANALISIS PERILAKU PASAR DALAM STRATEGI PENETAPAN HARGA PASAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Sangkar di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

MIFTAKHUL MUZALIFAH, 126101212139 (2025) ANALISIS PERILAKU PASAR DALAM STRATEGI PENETAPAN HARGA PASAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Sangkar di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Miftakhul Muzalifah, 126101212139, “Analisis Perilaku Pasar dalam Strategi Penetapan Harga Pasar Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Sangkar di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Jurusan Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Reni Dwi Puspitasari, M.Sy. Kata Kunci: perilaku pasar, penetapan harga, persaingan usaha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan usaha yang dihadapi oleh pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dalam menetapkan harga pasar. Namun, dalam implementasinya terdapat kebingungan dalam menetapkan harga yang kompetitif di pasar tanpa harus mengorbankan keuntungan yang diperoleh maupun kualitas suatu produk yang ditawarkannya. Hal ini dapat mengancam keberlangsungan usaha mereka. Fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana perilaku pasar dalam strategi penetapan harga pasar pada pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari, 2) Bagaimana analisis perilaku pasar dalam strategi penetapan harga pasar pada pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari ditinjau dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, 3) Bagaimana analisis perilaku pasar dalam strategi penetapan harga pasar pada pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari ditinjau dari etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dan dengan pendekatan studi kasus. Teknik pegumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku pasar dalam penetapan harga sangkar di Kecamatan Gandusari dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas produk, jarak suatu wilayah, kondisi pasar, dan musim. Sementara itu, strategi penetapan harga yang digunakan adalah skimming pricing, yakni melakukan penetapan harga tinggi saat produk masih baru dan selanjutkan akan menurunkan harga menyesuaikan kondisi agar produk tetap bertahan; 2) Penetapan harga yang dilakukan oleh pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari melanggar regulasi yang ada karena terdapat penyesuaian harga yang tidak dilakukan sendiri, meskipun tanpa adanya perjanjian secara tertulis. Berdasarkan pada pendekatan per se illegal, praktik penetapan harga tersebut melanggar Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat; 3) Penetapan harga yang dilakukan oleh pelaku usaha sangkar di Kecamatan Gandusari mayoritas telah mencerminkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam, meskipun belum sepenuhnya transparan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101212139 MIFTAKHUL MUZALIFAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:29
Last Modified: 02 Jun 2025 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57755

Actions (login required)

View Item View Item