PENGARUH LABELISASI HALAL, PERSEPSI MODAL USAHA, PERSEPSI JAM KERJA DAN PERSEPSI VOLUME PENJUALAN TERHADAP PERSEPSI PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR MAKANAN HALAL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

SRI WAHYU NENGSIH, 126402213235 (2025) PENGARUH LABELISASI HALAL, PERSEPSI MODAL USAHA, PERSEPSI JAM KERJA DAN PERSEPSI VOLUME PENJUALAN TERHADAP PERSEPSI PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR MAKANAN HALAL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (276kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Labelisasi Halal, Persepsi Modal Usaha, Persepsi Jam Kerja, dan Persepsi Volume Penjualan terhadap Persepsi Pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sektor Makanan Halal di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Sri Wahyu Nengsih, NIM. 126402213235, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Wahyu Dwi Warsitasari, M.Pd. Kata kunci: labelisasi halal, persepsi modal usaha, persepsi jam kerja, persepsi volume penjualan, persepsi pendapatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapatan yang diperoleh oleh pelaku usaha UMKM yang setiap bulannya cenderung tidak stabil karena dipengaruhi oleh banyak sedikitnya konsumen. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaku UMKM dalam meningkatkan pendapatan usaha yaitu diantaranya labelisasi halal, modal usaha, jam kerja, dan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah labelisasi halal, persepsi modal usaha, persepsi jam kerja, dan persepsi volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 2) mengetahui apakah labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 3) mengetahui apakah persepsi modal usaha berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 4) mengetahui apakah persepsi jam kerja berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 5) mengetahui apakah persepsi volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari hasil kuesioner yang ditunjukkan kepada pelaku UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulunagung yang berjumlah 98 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (f). penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) variabel labelisasi halal, persepsi modal usaha, persepsi jam kerja, dan persepsi volume penjualan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 2) variabel labelisasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 3) variabel persepsi modal usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 4) variabel persepsi jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung, 5) variabel persepsi volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pendapatan UMKM sektor makanan halal di Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213235 SRI WAHYU NENGSIH
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:29
Last Modified: 02 Jun 2025 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57767

Actions (login required)

View Item View Item