STRATEGI BAURAN PEMASARAN SYARIAH GUNA KEBERLANJUTAN BISNIS BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMRAH (Studi Pada PT Menara Kamilah Tour & Travel Dan Cahaya Madinah di Kabupaten Tulungagung)

FIRDA AULIA NUR MIFTITAH, 1880508220005 (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN SYARIAH GUNA KEBERLANJUTAN BISNIS BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMRAH (Studi Pada PT Menara Kamilah Tour & Travel Dan Cahaya Madinah di Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya orang Islam di Indonesia yang memiliki keinginan untuk menjalankan ibadah Haji dan Umrah. Hal tersebut membuat peluang bagi masyarakat untuk membuka bisnis haji dan umrah disertai dengan penerapan strategi yang harus dijalankan, sebuah perusahaan jasa dalam menjalankan bisnisnya dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang dilakukan, agar dapat berhasil dengan efektif dan mempertahankan eksistensi di tengah persaingan antar agen perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis strategi bauran pemasaran syariah yang diterapkan oleh PT Menara Kamilah Tour & Travel dan Cahaya Madinah di Tulungagung; dan (2) mengetahui hasil dari pelaksanaan strategi pemasaran tersebut terhadap keberlanjutan bisnis biro perjalanan haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis detesis. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang dilakukan dengan 4 narasumber dan melalui observasi. Untuk mendapatkan kredibilitas data, peneliti melakukan triangulasi, perpanjangan kehadiran, peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan review informan. Dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan para pembimbing sebagai independen auditor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi bauran pemasaran syariah yang diterapkan oleh kedua biro perjalanan mencakup aspek produk, harga, tempat, dan promosi yang dilandasi prinsip-prinsip Islam. PT Menara Kamilah menyajikan produk inovatif seperti paket umrah plus menonton pertandingan sepak bola, harga fleksibel, lokasi strategis, serta promosi aktif melalui media sosial dan pendekatan langsung (door to door) ke pesantren. Cahaya Madinah menawarkan paket kategori bronze, silver, dan gold serta paket haji Furodha, didukung oleh strategi promosi melalui pesantren dan digital marketing, serta layanan customer service yang responsif dan profesional. (2) Keberlanjutan bisnis terwujud melalui peningkatan jumlah jamaah yang signifikan setiap tahun, loyalitas pelanggan, serta perluasan pasar ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Komitmen pada kualitas layanan, reputasi positif di mata konsumen, dan kemampuan adaptasi terhadap dinamika pasar menjadi faktor utama dalam menjaga eksistensi dan daya saing bisnis di tengah fluktuasi regulasi dan permintaan pasar yang berubah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Fiqih > Haji
Ekonomi > Pemasaran
Pariwisata > Wisata Religi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Tabungan Haji
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220005 FIRDA AULIA NUR MIFTITAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:53
Last Modified: 05 Jun 2025 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57831

Actions (login required)

View Item View Item