STUDI KOMPARATIF HUKUM IKLAN PANCINGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM

FAJRINA EKA WULANDARI, 2821133004 (2017) STUDI KOMPARATIF HUKUM IKLAN PANCINGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Fajrina Eka Wulandari, NIM. 2821133004, Studi Komparatif Hukum Iklan Pancingan Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2017, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Iklan Pancingan, Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin banyaknya media pemasaran terutama iklan yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Iklan Pancingan merupakan iklan yang tujuannya untuk memancing konsumen agar datang kepada pelaku usaha dan membeli produk yang ada di tempat usaha mereka dan tidak bertujuan untuk menjual produk yang mereka iklankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah hukum Iklan Pancingan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen?, 2) Bagaimanakah hukum Iklan Pancingan berdasarkan Etika Bisnis Islam?, 3) Bagaimanakah analisis komparatif hukum Iklan Pancingan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hukum Iklan Pancingan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam serta mencari persamaan dan perbedaan antara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan segi aktifitasnya penelitian ini disebut sebagai penelitian riset kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan dimana obyek penelitian biasanya digali lewat beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah dan dokumen). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan teori grounded, analisis isi dan analisis perbandingan. Setelah peneliti melakukan kajian dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa Hukum Iklan Pancingan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen termasuk dalam Iklan yang dilarang karena mengelabui konsumen sedangkan menurut Etika Bisnis Islam termasuk dalam iklan yang tidak sesuai karena tidak memenuhi keenam prinsip Etika Bisnis Islam. Peneliti juga menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua aturan ini. Persamaannya adalah Iklan Pancingan dalam kedua aturan ini sama-sama melanggar prinsip jujur, sedangkan perbedaannya terletak pada siapa yang bertanggung jawab, cara pembuktian dan bagaimana sanksi bagi pelaku usaha yang melanggar ketentuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 2821133004 Fajrina Eka Wulandari
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:28
Last Modified: 18 Aug 2017 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item