AMALIA RISKY UMAMI, 126205212142 (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MELALUI KEGIATAN PONDOK MALAM MINGGU PADA SISWA MI SALAFIL HUDA NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Pembentukan Karakter Religius Dan Mandiri Melalui Kegiatan Pondok Malam Minggu Pada Siswa Mi Salafil Huda Nganjuk” ini ditulis oleh Amalia Risky Umami (NIM: 126205212142), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negeri Islam (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Pembentukan karakter, Religius, Mandiri Pembentukan karakter religius dan mandiri merupakan proses yang penting dalam pengembangan pribadi individu. Karakter religius mencakup nilai-nilai spiritual yang mendorong individu untuk hidup sesuai dengan ajaran agama, mengedepankan kebaikan, empati, dan rasa syukur dalam setiap aspek kehidupan. Sementara itu, karakter mandiri mengacu pada kemampuan individu untuk mengambil keputusan, bertanggung jawab atas pilihan yang diambil, dan mengatasi tantangan tanpa bergantung pada orang lain. Keduanya saling mendukung, di mana karakter religius membimbing individu untuk bertindak dengan integritas, sementara karakter mandiri mendorong untuk tetap teguh dan berdaya saing dalam menghadapi kehidupan. Pembentukan kedua karakter ini dilakukan melalui pendidikan, pengalaman hidup, serta refleksi pribadi yang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana Pembentukan Karakter Religius Dan Mandiri Melalui Kegiatan Pondok Malam Minggu Pada Siswa Mi Salafil Huda Nganjuk. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana bentukbentuk kegiatan Pondok Malam Minggu dalam membentuk karakter religius dan mandiri siswa MI Salafil Huda Nganjuk? (2) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan Pondok Malam Minggu di MI Salafil Huda Nganjuk? (3) Bagaimana Hasil kegiatan Pondok Malam Minggu terhadap pembentukan Karakter Religius dan Mandiri pada siswa MI Salafil Huda Nganjuk?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksan sejawat. Hasil penelitian meliputi : (1) Bentuk-Bnetuk kegiatan Pondok Malam Minggu MI Salafil Huda Nganjuk membentuk karakter religius dan mandiri melalui kegiatan ibadah, mandiri, disiplin, dan kegiatan edukatif. (2) Respon peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi terhadap Pondok Malam Minggu, membentuk karakter religius, mandiri, dan keterampilan sosial positif. (3) Hasil Pondok Malam Minggu di MI Salafil Huda Nganjuk membentuk karakter religius, mandiri, disiplin, dan sosial siswa melalui kegiatan keagamaan dan pembelajaran tanggung jawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212142 AMALIA RISKY UMAMI |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 01:09 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 01:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |