EVA MILA KHOIMAH, 2814133063 (2017) EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII MTsN MOJOREJO WATES BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (171kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Permainan Dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Kelas VII MTsN Mojorejo Wates Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Eva Mila Khoimah ini dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Metode permainan, Prestasi Belajar Matematika, Pendekatan Konstruktivisme Penggunaan metode pembelajaran secara efektif berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Penggunaan metode ini diharapkan agar siswa senang terhadap pelajaran matematika, tumbuh semangat, dan berani maju untuk menyampaikan ide-idenya di depan kelas. Dalam hal ini maka penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode permainan dengan pendekatan konstruktivisme terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas VII di MTsN Mojorejo Wates Blitar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektivitas metode permainan dengan pendekatan konstruktivisme terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun datar kelas VII MTsN Mojorejo Wates Blitar tahun ajaran 2016/2017. (2)Untuk mengetahui besarnya efektivitas metode permainan dengan pendekatan konstruktivisme terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun datar kelas VII MTsN Mojorejo Wates Blitar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan uji prasaratnya yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan dengan pendekatan konstruktivisme efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi bangun datar segi empat di MTsN Mojorejo Wates Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 dibandingkan dengan metode konvensional, yaitu dengan nilai signifikan t hitung = 2,044 pada taraf 5%. Dengan besar efektivitas metode permainan 0,87 dalam perhitungan effect size hal itu berarti efektivitasnya tergolong besar yaitu 79% dalam tabel intepretasi nilai Cohens d.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133063 EVA MILA KHOIMAH |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 06:41 |
Last Modified: | 18 Aug 2017 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5788 |
Actions (login required)
View Item |