Cahyono, Andri Dwi (2014) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
2. BAGIAN AWAL LENGKAP.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal, Hasil Belajar Matematika Manusia diciptakan oleh Tuhannya dibekali dengan berbagai potensi yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidupnya sebagai kholifah di bumi. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, bentuk potensi, kecerdasan atau kemampuan mulai didefinisikan, Salah satunya adalah kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Kecerdasan ini berorientasi pada pemahaman diri sendiri dan orang lain. Kedua kecerdasan ini diisyaratkan sama pentingnya dengan IQ, karena dengan adanya kecerdasan ini seseorang dapat dengan mudah mengoptimalkan kecerdasannya yang lain, seperti matematika, musik dan sebagainya. Untuk belajar matematika, kita tidak hanya memerlukan IQ tetapi kita juga memerlukan kecerdasan yang lain seperti kecerdasan intrapersonal dan interpersonal ini. Dengan adanya kecerdasan ini, seseorang memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam hal matematika dengan cara giat berlatih, intropeksi kesalahan, memotivasi diri sendiri dan tidak malu bertanya jika ada kesulitan. Hal ini tentu akan membantu dalam peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah ada pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Apakah ada pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. 3. Apakah ada pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara teknik Purposive Sampling dengan Cluster Random Sampling, dengan demikian sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa mencapai 36 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkah laku siswa terkait dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal yang digunakan sebagai sampel penelitian menggunakan skala kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar matematika siswa pada saat Ulangan Harian 1 dan Ulangan Tengah Semester di semester 2. Observasi digunakan melihat sarana prasarana sekolah serta layout sekolah. xvii Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan analisis regresi berganda yang menggunakan rumus F regresi. Sebelum menguji dengan menggunakan F regresi terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas, linieritas dan asumsi klasik. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa, “1. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung=17,7 pada taraf sigifikansi 5%. Dengan demikian Fhitung (17,7) > Ftabel (4,15) , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti persamaan regresi Y=-36,6 + 1,45X1 adalah persamaan regresi yang signifikan yang artinya persamaan tersebut dapat digunakan untuk meramalkan besarnya variabel Y berdasarkan variabel X1, 2. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung=15,4 pada taraf sigifikansi 5%. Dengan demikian Fhitung (15,4) > Ftabel (4,15) , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti persamaan regresi Y=-47,8+ 1,42X2 adalah persamaan regresi yang signifikan yang artinya persamaan tersebut dapat digunakan untuk meramalkan besarnya variabel Y berdasarkan variabel X2, 3. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung=17,7 pada taraf sigifikansi 5%. Dengan demikian Fhitung (12,1) > Ftabel (3,30) , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti persamaan regresi Y=--71,3 + 0,98X1 + 0,85X2 adalah persamaan regresi yang signifikan yang artinya persamaan tersebut dapat digunakan untuk meramalkan besarnya variabel Y berdasarkan variabel X1 dan X2
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 01:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2014 01:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58 |
Actions (login required)
View Item |