PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN PERJUANGAN KHALIFAH ABU BAKAR ASH SHIDDIQ DALAM BERDAKWAH PESERTA DIDIK KELAS V MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG

ULFIANA APRILIANTI, 2817133196 (2017) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN PERJUANGAN KHALIFAH ABU BAKAR ASH SHIDDIQ DALAM BERDAKWAH PESERTA DIDIK KELAS V MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Ulfiana Aprilianti, dengan judul“ Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas V MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2016/1017”, yang dibimbing oleh bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I . Kata Kunci: metode role playing, hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung yang masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran, di antaranya adalah: 1) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang bervariatif, misalnya ceramah, tanyajawab, dan diskusi. Hal ini berimplikasi pada siswa antara lain: merasabosan, kurang bersemangat dalam belajar, dan kalaupun diadakan tanyajawab, siswa yang aktif akan mendominasi siswa yang kurang aktif atau tidak aktif. 2) perolehan hasil belajar/prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam beberapa kelas V yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa setiap diadakan ulangan harian yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan metode role playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan perjuangan khalifah Abu Bakar ash Shiddiq dalam berdakwah pada peserta didik kelasV MI Al-Ishlah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Perjuangan khalifah Abu Bakar ash Shiddiq dalam Berdakwah melalui penerapan metode pembelajaran role playing pada peserta didik kelasV MI Al-Ishlah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian tersebut adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode role playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan perjuangan khalifah Abu Bakar ash Shiddiq dalam berdakwah pada peserta didik kelas V MI Al-Ishlah Gondang Tulungagung 2016/2017. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Perjuangan khalifah Abu Bakar ash Shiddiq dalam Berdakwah melalui penerapan metode pembelajaran role playing pada peserta didik kelasV MI Al-Ishlah Gondang Tulungagung 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: 1) tahap perencanaan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap observasi (observe), 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Role Playing, akhirnya dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI pokok bahasan Khalifah abu Bakar ash Shiddiq peserta didik kelas V MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung sesuai dengan langkah-langkah 1) Peneliti memberi pertanyaan yang sesuai dengan materi 2) Peneliti membagi kelas menjadi 3 kelompok 3) Peneliti membagikan Naskah Drama 4) Peneliti membimbing per kelompok dalam pementasan Drama 5) Evaluasi 6) Peneliti membimbing semua kelompok. Ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas V MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari awal pre test hingga siklus II yaitu, hasil belajar peserta didik pada saat pre test (62,58%), siklus I (74,19%) siklus II (93,22%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) peserta didik kelas V MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133196 ULFIANA APRILIANTI
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:34
Last Modified: 21 Aug 2017 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5806

Actions (login required)

View Item View Item