DIMENSI-DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM CERITA WAYANG WIRATHA PARWA DAN IMPLIKASINYA DALAM TEKS DRAMA BAHASA INDONESIA DI SMA FASE F

ACHMAD ICHSAN ARPRIANSYAH, 126210201039 (2024) DIMENSI-DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM CERITA WAYANG WIRATHA PARWA DAN IMPLIKASINYA DALAM TEKS DRAMA BAHASA INDONESIA DI SMA FASE F. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pagelaran wayang merupakan salah satu jenis pertunjukan teater yang menggunakan boneka ‘wayang’ dalam lakon. Kesenian wayang kulit sudah diakui internasional bahkan masuk dalam UNESCO. Hal inilah yang harus menjadi kebanggaan warga Indonesia karena kesenian wayang kulit tetap eksis di kancah internasional. Kesenian wayang pun dapat mengolaborasikan beberapa seni yang ada. Tentunya hal tersebut menjadikan nilai yang lebih pada kebudayaan lokal negara Indonesia yang dapat berdampak pada inovasi pendidikan Indonesia. Sebuah pertunjukan wayang kulit tidak terpisahkan dengan seorang dalang dan lakon. Penggunaan media pertunjukkan wayang kulit pada pembelajaran bisa menjadi terobosan inovasi bagi para pengajar. Masih sedikit penelitian yang menggunakan objek wayang kulit sebagai contoh pendidikan karakter bagi peserta didik. Setiap lakon wayang yang dimainkan seorang dalang penuh akan filosofi kehidupan serta bermanfaat untuk pembelajaran peserta didik. Pendidikan karakter pada kurikulum sekarang terkonsep pada dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila. Oleh sebab itu, Media ajar berbasis kearifan lokal benar-benar dijadikan komponen pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka condong menggunakan diferensiasi sebagai teknik pembelajaran. Pada modul ajar kurikulum merdeka, ada perbedaan dengan kurikulum lainnya. Perbedaannya pada teknik diferensiasi pembelajaran, seperti diferensiasi konten, proses, dan produk. Masing-masing diferensiasi memiliki pembagian dalam kegiatan inti pembelajaran. Maka dari itu, objek penelitian ini mengenai dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terkandung pada lakon Wiratha Parwa serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA Fase F. Penelitian ini memiliki titik fokus dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila pada lakon wayang Wiratha Parwa dan kaitannya nilai-nilai pendidikan karakter dalam lakon Wiratha Parwa dengan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Deskriptif narasi menjadi metode penelitian ini. Metode deskriptif adalah jenis dari metode kualitatif yang menggabungkan beberapa data dan diinterpretasi. Pendekatan hermeneutika sebagai pendekatan yang cocok digunakan untuk menganalisis tafsir atau makna pada transkripsi video wayang. Setiap dialog dan monolog yang dilakukan tokoh wayang memiliki makna bagi penonton. Pemanfaatan pendekatan hermeneutika dapat menghasilkan interpretasi yang sesuai dengan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni a) beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, b) berkebinekaan global, c) bergotong royong, d) mandiri, dan e) bernalar kritis. Penjaringan data yang dilakukan sesuai dengan elemen dan indikator merujuk dari P5. Dalam hal ini, data-data yang terkumpul tidak akan melenceng dari pedoman dasar P5. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa setiap dialog selaras dengan setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila serta berimplikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA fase F. Hal tersebut merujuk pada tujuan pokok pendidikan nasional Indonesia, yaitu dapat membentuk dan mengembangkan keterampilah setiap pelajar agar menjadi pelajar yang tangguh serta berkarakter pelajar Pancasila.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 126210201039 ACHMAD ICHSAN ARPRIANSYAH
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:55
Last Modified: 17 Jun 2025 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58104

Actions (login required)

View Item View Item