PENGARUH LABELISASI HALAL, IZIN EDAR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA DI JAWA TIMUR ALUMNI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

ARIFAH ROHMATUL HIDAYAH, 126402201028 (2024) PENGARUH LABELISASI HALAL, IZIN EDAR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA DI JAWA TIMUR ALUMNI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Labelisasi Halal, Izin Edar, Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dan Minuman Kemasan dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa di Jawa Timur Alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang” ditulis oleh Arifah Rohmatul Hidayah, NIM 126402201028, dengan pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan konsumen muslim dalam membuat keputusan pembelian terhadap produk makanan dan minuman kemasan. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan keputusan pembelian adalah mencari informasi terkait produk, seperti labelisasi halal, izin edar, dan harga. Tujuan penelitian: (1) menguji pengaruh signifikan labelisasi halal terhadap minat beli (2) menguji pengaruh signifikan izin edar terhadap minat beli (3) menguji pengaruh signifikan harga terhadap minat beli (4) menguji pengaruh signifikan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian (5) menguji pengaruh signifikan izin edar terhadap keputusan pembelian (6) menguji pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian (7) menguji pengaruh signifikan minat beli terhadap keputusan pembelian (8) menguji pengaruh signifikan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (9) menguji pengaruh signifikan izin edar terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening 10) menguji pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa di Jawa Timur alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, dengan sampel sebanyak 167 responden yang dipilih melalui snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, dan path analysis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian: (1) labelisasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli (2) izin edar berpengaruh signifikan terhadap minat beli (3) harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli (4) labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (5) izin edar berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (6) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (7) minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (8) labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (9) izin edar berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (10) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian, implikasi praktisnya yaitu konsumen muslim harus lebih teliti dalam mencari informasi produk sebelum menentukan keputusan pembelian, terutama melihat labelisasi halal sebelum membeli produk makanan dan minuman kemasan untuk memastikan bahwa produk yang dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Labelisasi Halal, Izin Edar, Harga, Minat Beli

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Customer
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201028 ARIFAH ROHMATUL HIDAYAH
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:30
Last Modified: 17 Jun 2025 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58114

Actions (login required)

View Item View Item