RIZQY NUR FADHILAH, 126205211060 (2025) PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN KECAKAPAN ABAD KE-21 PADA PESERTA DIDIK DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Peran Guru dalam Mewujudkan Kecakapan Abad ke-21 pada Peserta Didik di MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqy Nur Fadhilah, NIM 126205211060, dengan dosen pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Kecakapan Abad ke-21, Peserta Didik Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan yang harus senantiasa ditingkatkan agar mampu memenuhi kebutuhan peserta didik di era modern. Guru memegang peran strategis dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk menciptakan pembelajaran inovatif yang relevan. Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk menguasai kecakapan 4C (berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif) guna menghadapi tantangan masa depan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai edukator dalam mewujudkan kecakapan abad ke-21 pada peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam mewujudkan kecakapan abad ke-21 pada peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai komunikator dalam mewujudkan kecakapan abad ke-21 pada peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung secara efektif mewujudkan kecakapan abad ke-21 melalui tiga peran utama: (1) Sebagai edukator, guru mewujudkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif melalui penerapan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, proyek, dan studi kasus yang mendorong analisis serta kreativitas; (2) Sebagai fasilitator, guru menyediakan media pembelajaran interaktif, sumber belajar yang menantang, serta menciptakan ruang kolaboratif yang menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kerja sama peserta didik; (3) Sebagai komunikator, guru membantu mengasah kecakapan 4C dengan memberikan umpan balik spesifik, membangun komunikasi terbuka, mengapresiasi ide kreatif peserta didik, serta memberi ruang bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, meskipun masih terdapat tantangan dalam pemanfaatan teknologi secara optimal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211060 RIZQY NUR FADHILAH |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:18 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |