PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

FEBRIA WIDHAYATUL KUSNA, 126201211022 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Febria Widhayatul Kusna, NIM. 126201211022, Prodi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pebimbing : Muhammad Dwi Toriyono S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: akidah akhlak, model pembelajaran, the power of two Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 7 Tulungagung ada yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, disebabkan penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang efektif dan minimnya motivasi siswa. Masalah ini bisa diatasi, model pembelajaran The Power of Two, yang menekankan kerja sama berpasangan, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebab, dalam model pembelajaran ini peserta didik dapat belajar dengan mandiri dalam kelompok kecil. Adanya kegiatan ini menciptakan sinergitas yang mana dua orang lebih baik bekerja daripada satu orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran The Power of Two; (2) mengukur besar pengaruh model pembelajaran The Power of Two; dan (3) menjelaskan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran The Power of Two terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTSN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental yang membagi kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen ditreatment menggunakan model pembelajaran The Power of Two peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTSN 7 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sig. 2 tailed 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa model pembelajaran ini berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak; (2) Besar pengaruh model pembelajaran The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dengan nilai Cohen’s d sebesar 0,51, dan (3) Hal ini tidak terlepas dari faktor yang mendukung yaitu peningkatan kepercayaan diri peserta didik dalam berpikir mandiri, kemampuan mencari informasi, dan belajar dari teman-teman. Namun, terdapat faktor penghambat, pembagian kelompok yang kurang kondusif, waktu penerapan yang lama, siswa yang kurang bertanggung jawab dan cenderung mengandalkan pasangan. Hambatan ini bisa diatasi, manajemen kelas yang baik oleh guru sangat diperlukan, termasuk penentuan pasangan kelompok yang sesuai dengan kepribadian peserta didik..Oleh karena itu, direkomendasikan pada guru akidah akhlak dan mata pelajaran lain dalam rumpun Pendidikan Agama Islam untuk menerapkan model pembelajaran The Power of Two.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211022 FEBRIA WIDHAYATUL KUSNA
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:41
Last Modified: 18 Jun 2025 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58180

Actions (login required)

View Item View Item