LINA FAUZIAH JAMIL, 2817133217 (2017) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN PAKEL NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (448kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Lina Fauziah Jamil, NIM 2817133217, Pembimbing Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I Kata Kunci : Peran guru, Kemampuan Dasar Seiring perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi banyak peserta didik lupa akan Al-Qur’an dan Hadits. Berbagai upaya dilakukan oleh guru dalam memperkenalkan Al-Qur’an dan Hadits sejak dini menjadi hal yang sangat penting. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang diarahkan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan peserta didik terhadap Al-Qur’an dan Hadits sehingga memperoleh pengetahuan mengenai keduanya dengan baik dan benar. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits di Madrasah Ibtidaiyah menekankan proses kegaiatan yang berorientasi pada kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik terhadap kedua sumber ajaran tersebut. Diantaranya adalah kemampuan dalam menulis, membaca, dan menghafal. Untuk itu, guru melakukan berbagai peranan dalam meningkatkan kemampuan dasar pembelajaran Qur’an Hadits tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru meningkatkan kemampuan dasar membaca dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peran meningkatkan kemampuan dasar menghafal dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung. Skripsi ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar membaca dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung. (3) Mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menghafal dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Pakel Ngantru Tulungagung. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi sumber, dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap Persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin: Guru memberikan materi menulis sesuai dengan tingkatan kelas, Guru menggunakan metode pembelajaran menulis yang tepat, Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam penyampaian materi menulis di kelas, (2) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar membaca dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin: Guru menggunakan metode demonstrasi dan metode drill dalam melatih kemampuan membaca Al-Qur’an maupun Hadits peserta didiknya, Guru memberi contoh bacaan secara jelas dan lugas, Guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didiknya, (3) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menghafal dalam pembelajaran Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin: Mengadakan pembiasaan tadarus Al-Qur’an, Adanya bimbingan khusus untuk tahfidz Qur’an, Membetulkan bacaan peserta didik, Guru menjadwalkan hafalan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133217 LINA FAUZIAH JAMIL |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 07:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |