YUSUF NUR ROHIM, 126201212091 (2025) NILAI-NILAI KARAKTER GOTONG ROYONG, DINAMIS, DAN INOVATIF DALAM ANIME HAIKYUU SEASON 3 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB VII.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rohim, Yusuf Nur. 2025. Nilai-Nilai Karakter Gotong Royong, Dinamis, dan Inovatif dalam Anime Haikyuu Season 3 dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci: Nilai Karakter, Haikyuu Season 3, Pendidikan Islam. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain. Menjalani kehidupan yang sosial ini, manusia memerlukan suatu aturan agar semua berjalan dengan damai, aman, sejahtera, dan nyaman. Salah satu aspek yang dikembangkan manusia adalah pendidikan, dan jenis pendidikan yang sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk sosial adalah pendidikan karakter. Anime Haikyuu Season 3 merupakan salah satu animasi asal Jepang yang cocok dijadikan sebagai tontonan yang mendidik karakter seseorang, terutama mengenai karakter gotong royong, dinamis, dan inovatif. Sehingga dengan adanya tontonan ini diharapkan mampu mempertahankan nilai asli bangsa Indonesia, yaitu gotong royong, dan juga menambah kualitas karakter pribadi, yaitu dinamis dan inovatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk nilai karakter gotong royong dalam anime Haikyuu Season 3?, (2) Bagaimana bentuk-bentuk nilai karakter dinamis dan inovatif dalam anime Haikyuu Season 3?, serta (3) Bagaimana relevansi nilai karakter gotong royong, dinamis, dan inovatif dalam anime Haikyuu Season 3 dengan pendidikan Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan bentuk-bentuk nilai karakter gotong royong dalam anime Haikyuu Season 3, (2) Untuk menjelaskan bentuk-bentuk nilai karakter dinamis dan inovatif dalam anime Haikyuu Season 3, serta (3) Untuk menjelaskan relevansi nilai karakter gotong royong, dinamis, dan inovatif dalam anime Haikyuu Season 3 dengan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka atau literer dengan jenis analisis isi (content analysis) dengan menggunakan paradigma kualitatif dan pendekatan deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primernya berupa seluruh episode dari anime Haikyuu Season 3 yang diakses melalui website resmi otakudesu yang khusus berisi Anime subtitle Indonesia dengan alamat web www.otakudesu.cloud dan sumber data sekunder dalam peneltian ini adalah skripsi karya Rachmalia Nur Haliza dengan judul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Anime Haikyuu”. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes (1915- 1980). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) Nilai karakter gotong royong yang terdapat dalam anime Haikyuu Season 3 adalah kerja sama, komunikasi untuk mencapai tujuan, saling ketergantungan positif, koordinasi sosial, tanggap terhadap lingkungan sosial, persepsi sosial, dan berbagi, (2) Nilai karakter dinamis dan inovatif yang terdapat dalam anime Haikyuu Season 3 adalah berbudaya dan peduli lingkungan, berpikiran terbuka, bernalar kritis, berjiwa kompetitif, kreatif, dan mandiri, (3) Nilai-nilai karakter gotong royong, dinamis, dan inovatif memiliki relevansi dengan pendidikan Islam, yaitu relevan dengan Al Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212091 YUSUF NUR ROHIM |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:42 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |