CAHYA AMIRUL AL GHOZALI, 126205202107 (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Amirul Al Ghozali, Cahya. 2024. Judul “Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing skripsi : Bagus Wahyu Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Minat Baca, Buku Cerita Bergambar Di banyak daerah, akses terhadap buku berkualitas masih terbatas, dan kebiasaan membaca belum menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari. menjadi tantangan dalam meningkatkan minat baca. Oleh karena itu guru-guru di MIN 1 Tulungagung berperan menumbuhkan minat baca siswa menggunakan buku cerita bergambar. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan tahap perencanaan peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa menggunakan media buku cerita bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan tahap pelaksanaan peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa menggunakan media buku cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan tahap evaluasi peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa menggunakan media buku cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan menguraikan fokus dalam penelitian ini menjadi lebih rinci, kemudian menyajikan data dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data menggunakan pengamatan secara cermat dan trianggulasi data. Hasil dari penelitian skripsi ini antara lain (1) Dalam perencanaan peran guru saat melakukan survei untuk memahami kebiasaan membaca siswa, memilih buku cerita bergambar, menyusun modul ajar (2) Dalam penerapan peran guru saat memulai dengan salam, menyampaikan tujuan pembelajaran, ice breaking, guru menggunakan media bergambar, guru memberikan lembar kerja peserta didik, diskusi, presentasi, pengumpulan tugas, 3) Peran guru dalam observasi minat baca, refleksi evaluasi siswa yang ramai ketika pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202107 CAHYA AMIRUL AL GHOZALI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:04 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |