PERAN GURU PAI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

ELSA KHOIRUNNISA, 2811133300 (2017) PERAN GURU PAI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/ 2017” ini ditulis oleh Elsa Khoirunnisa dibimbing oleh: Drs. H. Muwahid Sulhan, M.Ag Kata kunci: Motivator, Kecerdasan Emosional (EQ) Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kecerdasan emosional (emotional quotient). Kecerdasan emosional (EQ) merupakan salah satu komponen yang dimiliki manusia yang berkaitan terhadap kemampuan manusia untuk mengendalikan emosinya. Islam sebagai agama universal telah membuktikan bahawa ajaran yang terkandung di dalamnya tidak hanya membahas mengenai peribadatan dengan Sang Pencipta saja, tetapi memuat segala kebutuhan yang bermanfaat bagi manusia baik di dunia maupun akhirat. Dan di sinilah guru PAI memberikan salah satu perannya untuk membantu mengembangkan potensi dalam diri anak didiknya. Dari sinilah peneliti mengangkat sebual judul “Peran Guru PAI Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengenali emosi diri siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membina hubungan siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengenali emosi diri siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membina hubungan siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses pemberian motivasi guru PAI terhadap siswa yang berkaitan dengan meningkatkan kecerdasan emosional. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana- prasarana, dan dokumen siswa SMAN 1 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengenali emosi diri siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung; Menjalin kedekatan dengan siswa dengan membangun hubungan yang baik, mengarahkan anak agar tidak terbebani dengan motivasi tersebut, menyelipkan motivasi- motivasinya kepada siswa melalui ceramah dan cerita, memberikan pengertian pada diri siswa agar mampu menempatkan dirinya dalam kosndisi dan lingkungan yang sesuai dengan tempatnya, guru menjelaskan macam- macam emosi kepada siswanya, memberi motivasi kepada siswa agar senantiasa menunjukkan prestasinya. 2)Peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung; Memberi perhatian kepada siswa agar terjalin hubungan yang dekat, anak diupayakan mengetahui tingkat emosional sesama temannya, guru mejadikan diri sendiri sebagai tauladan yang baik bagi siswanya, memberi kesempatan kepada siswanya untuk belajar mandiri dari kesalahan yang telah diperbuatnya, memberi motivasi dalam bentuk hukuman, menanamkan nilai religious dalam diri siswa. 2)Peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membina hubungan siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung; Guru memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari- hari bagaimana bersikap yang baik dengan orang lain, membiasakan para siswa untuk selalu bersalaman kepada guru dan temannya, melatih kepercayaan diri siswa agar mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru dengan cara melatih para siswa untuk selalu menyampaikan pendapatnya ketika berada di kelas, menggunakan metode diskusi kelompok dalam proses pembelajaran agar siswa belajar menghargai pendapat orang lain dan memiliki rasa tanggung jawab dalam kelompoknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133300 ELSA KHOIRUNNISA
Date Deposited: 22 Aug 2017 01:15
Last Modified: 22 Aug 2017 01:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item