STRATEGI PROMOSI MUSEUM ISLAM INDONESIA K.H. HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG DALAM MENGENALKAN SEJARAH DAN BUDAYA ISLAM KEPADA MASYARAKAT

ANIKEN ZUAN NUR FADILLAH, 126310211004 (2025) STRATEGI PROMOSI MUSEUM ISLAM INDONESIA K.H. HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG DALAM MENGENALKAN SEJARAH DAN BUDAYA ISLAM KEPADA MASYARAKAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aniken Zuan Nur Fadillah, tahun 2025. Strategi Promosi Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dalam Mengenalkan Sejarah dan Budaya Islam kepada Masyarakat. Dibawah bimbingan program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibawah bimbingan Lativa Hartiningtyas, S.Pd., M.Pd. Strategi promosi merupakan kegiatan yang direncakan secara mendasar dengan tujuan memberikan informasi dan memberikan dampak untuk mempengaruhi konsumen dengan begitu akan mencapai tujuan promosi seperti pembelian atau menerima penawaran berupa produk atau jasa. Dalam upaya mengenalkan sejarah dan budaya Islam kepada masyarakat yaitu dengan melakukan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi promosi yang digunakan Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari (MINHA) dalam mengenalkan sejarah dan budaya Islam kepada masyarakat dan mencari tahu yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah MINHA melakukan promosi untuk mengenalkan sejarah dan budaya Islam melalui media sosial mereka yang masih berfokus di instagram, selain itu mereka juga memanfaatkan hari besar seperti haul Gus Dur dan Resolusi Jihad digunakan untuk melakukan kegiatan dengan tema yang masih mengenai sejarah dan budaya Islam. Hal tersebut memberikan dampak kepada masyarakat untuk lebih mengenal sejarah dan budaya Islam. Adapun faktor dilakukan promosi karena lokasi museum yang sangat strategis yakni berada di area makan Gus Dur, dimana tidak kesulitan dalam menarik minat pengunjung untuk datang ke museum. Selain faktor pendukung ada yang menjadi penghambat yakni SDM yang masih kurang karena setiap bidang hanya berisikan satu orang penanggung jawab. Untuk mengatasi hambatan ini pihak MINHA masih memfokuskan promosi melalui satu media sosial. Kata Kunci: Museum, Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari, Sejarah dan Budaya Islam, Strategi Promosi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310211004 ANIKEN ZUAN NUR FADILLAH
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:11
Last Modified: 23 Jun 2025 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58334

Actions (login required)

View Item View Item