IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 11 BLITAR

ELI DWI NABILA, 126205211025 (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (659kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Eli Dwi Nabila, NIM 126205211025, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. NIP. 199304262020121009 Kata Kunci : Implementasi, Metode Pembelajaran, Kooperatif Tipe Scramble, Berfikir Kreatif, Mata Pelajaran Bahasa Arab Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dari rasa bosan yang dirasakan oleh peserta didik selama proses pembelajaran karena masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Di MIN 11 Blitar. Peneliti menemukan bahwa pada pembelajaran bahasa Arab Guru mata pelajaran menggunakan metode pembelajaran yang sangat menarik yaitu kooperatif tipe scramble, dengan kolaborasi permainan tradisional “Gedrek”. Metode pembelajaran ini difokuskan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik melalui media pembelajaran yang menarik. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik mata pelajaran bahasa Arab di MIN 11 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik mata pelajaran bahasa Arab di MIN 11 Blitar? (3) Bagaimana hambatan metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif melalui pembelajaran bahasa Arab di MIN 11 Blitar? (4) Bagaimana dampak metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik mata pelajaran bahasa Arab di MIN 11 Blitar?. Penelitian ini dilakukan di MIN 11 Blitar menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perencanaan dilakukan dengan memahami apa itu metode pembelajaran dan macamnya yang kreatif, bagaimana karakteristik peserta didik dan pembuatan media pembelajaran yang mendukung. (2) Pada tahap pelaksanaan dilakukan pembagian kelompok, bermain “gedrek” dan Scramble pada media pembelajaran yang telah disiapkan. (3) Hambatan yang ditemui pada pelaksanaan yaitu pembagian kelompok harus merata, pengondisian kelas yang lebih ekstra, keterbatasan alokasi waktu. (4) Dampak yang dihasilkan dari implementasi metode pembelajaran tersebut siswa terlibat lebih aktif dan memunculkan ide-ide kreatif, siswa dapat menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, siswa dapat memberikan pertanyaan yang kreatif, siswa dapat menghafal kosakata melalui permainan scramble, siswa memenuhi indikator berfikir kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211025 ELI DWI NABILA
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:33
Last Modified: 20 Jun 2025 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58357

Actions (login required)

View Item View Item